Kado Akhir Tahun, Kejari Magetan Ungkap Kasus Dugaan Korupsi Dana Desa


ARYA-MEDIA, Magetan – Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan, mengungkap dugaan kasus korupsi Dana Desa (DD) tahun 2017-2018, di Desa Baleasri, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan. Pengungkapan dugaan Korupsi tersebut, disampaikan Kejari sebagai kado akhir tahun 2019, usai melakukan sosialisasi dalam rangka memperingati Hari Korupsi Internasional (HAKI). Senin (09/12/2019).

Berdasarkan hasil penyelidikan sementara, Kejari Magetan menemukan penyimpangan Dana Desa (DD) Baleasri pada beberap proyek siluman dan pengadaan ATK fiktif dengan pemalsuan setempel.

“Untuk hasil penyelidikan sementara, kita temukan beberapa proyek fiktif, karena ada SPJ tapi di lokasi proyeknya tidak ada. Kemudian kita juga menemukan pengadaan ATK dengan menggunakan setempel palsu,” ungkap Kajari Magetan M.Rizal Sumadi Putra, melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Agus Zaeni, Senin (9/12).

Selain realisasi proyek dan pengadaan ATK tersebut, Kejari Magetan juga menemukan publikasi profil desa dengan nilai jutaan rupiah, yang menjadi pengawasan dalam melakukan penyidikan.

“Kita juga menemukan publikasi profil desa oleh salah satu media sebesar Rp 10 juta, dalam estimasi dua tahun. Maka dari itu, kita akan akan lakukan pemeriksaan media tersebut,” jelas Agus kepada beberapa awak media.

Agus mengungkapkan, pihak Kejari Magetan bakal menetapkan beberapa tersangka. Dalam penyelidikan tersebut, sebanyak 8 saksi perangkat desa, BPD dan juga anggota PKK sudah dilakukan pemeriksaan.

“Kita sudah mengantongi beberapa calon tersangka. Kita masih menunggu hasil jumlah kerugian negara dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kabupaten Magetan,” tandasnya. (ren)

 750 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!