Karhutla Terjadi di Lereng Gunung Lawu Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terjadi lagi di wilayah hutan lereng gunung Lawu. Api merambat wilayah Perhutani di petak 51 Desa Bedagung dan petak 55 masuk Desa Sukowidi, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jum’at (15/11/2019).

Dilihat dari kejahuan, tampak terlihat kepulan asap tebal yang berasal dari titik lokasi kebakaran. Upaya pemadaman dilakukan personil gabungan TNI, Polri, BPBD serta masyarakat setempat.

Akibat kejadian tersebut, pihak Perhutani Lawu DS melakukan pemadaman dengan menerjunkan tim ke titik sumber api. “Kami sudah mengirimkan tim ke lokasi kebakaran untuk membuat ilaran agar tidak merembet lebih luas,” kata Eko Santoso, Humas Perum PerhutaniKPH Lawu DS, (15/11).

Sementara, Danramil 0804/03 Panekan, Kapten Inf Kuncoro mengatakan, Personil TNI, Polri, BPBD serta masyarakat, juga berupaya memadamkan api mulai petak 55 desa Sukowidi. “Dikarenakan kondisi saat itu angin kencang, sehingga api menjalar sampai ke petak 51 C desa Bedagung,” ungkapnya.

Disisi lain, Fery Yoga Saputra, Kasi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kabupaten Magetan menjelaskan, upaya pemadaman api, menggunakan media tradisional dengan gepyok kayu basah dan pembuatan ilaran. ”Pemadaman dilakukan dengan cara manual, yaitu pakai ranting kayu basah dan pembuatan ilaran untuk memutus aliran api,” jelasnya.

Sampai berita ini diturunkan, sumber munculnya api dan luasan lahan hutan yang terbakar, masih belum diketahui. (ren)

 435 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!