Kasus Korupsi DD Baleasri, Kejari Magetan Periksa Tiga Pejabat Pemkab Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Info terbaru dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Magetan, telah melakukan pemeriksaan terhadap tiga (3) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, terkait kasus dugaan korupsi Dana Desa Baleasri pada tahun 2017-2018. Kamis (13/2/2020).

Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Magetan, Agus Zaeni mengatakan, sebanyak tiga pejabat yakni kepala Camat Ngariboyo, Kepala DPMD dan Kepala Inspektorat Magetan diperiksa tim penyidik Kejari Magetan terkait kasus dugaan penyelewengan anggaran DD Desa Baleasri tahun 2017-2018.

“Hari ini kita periksa Camat Ngariboyo, Kepala DPMD dan Kepala Inspektorat Kabupaten Magetan,” kata Agus Zaeni Kasi Pidsus Kejari Magetan, Kamis (13/2).

Agus menjelaskan, pemeriksaan ketiga pejabat tersebut, sebagai tahapan proses penyidikan sebagai saksi kasus dugaan korupsi Dana Desa Baleasri yang telah merugikan Negara bekisar Rp 250 juta, karena lolosnya laporan SPJ dari pengawasan dinas terkait

“Apabila dari hasil pemeriksaan ketiga pejabat itu ditemukan unsur kesengajaan atau menerima sejumlah uang untuk memuluskan laporan SPJ Desa Baleasri, para pejabat tersebut dipastikan juga akan dijerat,” ungkapnya.

Selain itu, penyidik Kejari Magetan akan menetapkan tersangka setelah Badan Pemeriksaan Keuangan Provinsi (BPKP) Jawa Timur mengeluarkan hasil perhitungan resmi. “Setelah hasil resmi dari BPKP  Jatim diterbitkan, kami akan menetapkan tersangkanya,” jelas Kasi Pidsus Kejari Magetan.

Diberitakan sebelumnya, Kejari Magetan terus berupaya membongkar dugaan praktek Korupsi Dana Desa Baleasri tahun 2017-2018. Dalam kasus tersebut, penyidik menemukan penyimpangan anggaran Dana Desa melalui beberapa proyek siluman dan pengadaan ATK fiktif dengan menggunakan setempel palsu. Dan kasus tersebut terus menggelinding dengan diawali penggeledahan Kantor Desa Baleasri sebagai tahapan penyidikan, dan berlanjut pemeriksaaan Dinas instansi Kecamatan sampai dengan OPD terkait. (Ren)

 529 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!