UA-163642268-1

Kasus Tipiring, Pencuri Kotak Amal Masjid Desa Mantren Ditangkap Warga


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Warga Desa Mantren Kecamatan Karangrejo Kabupaten Magetan Jawa Timur, digegerkan dengan penangkapan seorang pencuri kotak amal di Masjid Al Kautsar, Jalan Raya Maospati-Glodog, desa setempat, Senin dini hari (17/5/2021).

Pelaku dikeathui berinisial YB, seorang warga Desa Randusongo Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi, berhasil ditangkap warga setelah mengambil sejumlah uang yang berada di dalam kotak amal. Selanjutnya, pelaku diserahkan ke Polsek Karangrejo guna penyelidikan lebih lanjut.

“Benar, jajaran Polsek Karangrejo telah mengamankan pelaku setelah ditangkap oleh warga. Kasus pencurian kotak amal ini diminta takmir masjid untuk diselesaikan secara kekeluargaan, karena hanya mengambil sejumlah uang dan dipergoki oleh warga,” kata Iptu Rudy Hidajanto, selaku Kasatreskrim Polres Magetan, usai melakukan mediasi di Polsek Karangrejo, Senin (17/5).

Baca Juga :  Miris...!! Bocah 7 Tahun Dicabuli Bapak Tirinya Selama Tiga Tahun

Dijelaskan Rudy Hidajanto, sesuai dengan Perma Nomor 2 Tahun 2012 bahwa, setiap kejahatan atau pencurian yang nilainya dibawah 2,5 juta, tidak bisa diproses hukum pidana. Menurutnya, kasus tersebut merupakan jenis kejahatan Tindak Pidana Ringan (Tipiring). “Dari pihak takmir sudah legowo, dan dari keluarga pelaku juga mau bersedekah ke masjid setempat. Dan laporannya juga sudah dicabut,” jelas Kasatreskrim.

Baca Juga :  Permudah Pelayanan, Polres Magetan Launching Program SIMAS

Selain itu, dari pengakuan pelaku, diduga yang bersangkutan merupakan anggota Polri yang diberhentikan secara tidak hormat. “Saya tidak melakukan pengecekan administrasi, namun dari pengakuan pelaku adalah anggota Polri yang sudah di PTDH (Pemecatan Tidak Dengan Hormat  red),” tambah Kasatreskrim.

Sementara itu, menurut pengakuan Damin warga sekitar mengungkapkan, bahwa pelaku pencurian kotak amal tersebut telah dipantau warga sehari sebelumnya. Dengan mencurigai seseorang tak dikenal dengan gerak gerik yang sangat mencurigakan, sedang mengendap-endap di halaman sekitaran masjid.

Baca Juga :  Icon Wisata Baru di Magetan, Taman Wisata Parang Hill Resmi Dibuka

“Dua hari sebelumnya, warga disini sudah memergoki ada seorang tak dikenal sedang berada di sekitaran masjid. Setelah ditanya kepada yang bersangkutan, orang tersebut langsung kabur,” ujar Damin, selaku pemilik warung di sekitaran halaman Masjid Al Kautsar desa setempat, Senin (17/5).

Damin mengaku, bahwa dirinya mengalami nasib yang sama, karena warung miliknya juga dibobol oleh pencuri yang berhasil membawa kabur 2 tabung gas seminggu sebelumnya. “Sebelumnya, warung saya juga kemalingan, dan pelaku membobol pintu warung saya dengan membawa 2 tabung gas,” pungkasnya. (Ren)

 429 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!