Kebut Pembangunan Desa, Jadi Prioritas Kades Keras Kulon Sebelum Purna Jabatan


ARYA-MEDIA, Ngawi – Pekerjaan rehabilitasi jalan aspal di Dusun Keras Kulon I, Desa Keras Kulon, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi, yang dibiayai dari Dana Desa (DD) tahun 2019, dikebut Pemerintah Desa (Pemdes) sebagai upaya perbaikan insfrastruktur akibat banyaknya jalan berlubang dan rusak.

Jalan aspal dengan panjang 1058 meter, dan lebar 3meter tersebut, dikerjakan secara swakelola dengan ketentuan 30 persen Dana Desa dialokasikan untuk upah pekerja, sebagai upaya peningkatan ekonomi masyarakat desa.

Pelaksana kegiatan, Wahyu Endra Permana, menjelaskan, pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan tersebut, memakan anggaran DD tahun 2019 sebesar Rp 213 juta lebih. “Anggaran ini berasal dari dana DD tahun 2019, sekitar Rp 213 juta lebih,” kata Wahyu selaku Kasi Kesejahteraan Desa Keras Kulon, Senin (2/10/2019).

Sebelum pergantian Kepala Desa (Kades) yang baru, perbaikan dan pembangunan jalan di sepanjang Dusun Keras Kulon I menuju jalan lintas Kabupaten antara Ngawi-Magetan, merupakan salah satu program prioritas Pemdes dibawah pimpinan Jariyatun SE, sebelum purna jabatannya.

“Sebelum saya purna November mendatang, saya usahakan semua program pembangunan di desa ini harus selesai. Bagaimanapun itu, adalah tanggung jawab saya selaku Kepala Desa di sini, sebelum diganti dengan Kades yang baru,” ungkapnya kepada Arya Media, (2/10).

Sementara, dalam kepemimpinan Kades Jariyatun tersebut, semua pekerjaan pembangunan insfrastruktur, harus diselesaikan di tahun 2019 ini. Selain pengaspalan jalan di Dusun Keras Kulon I, ada tiga (3) pembangunan seperti Pavingisasi Jalan Tejo-Beran, Pavingisasi Jalan Gambyak, dan Cor Beton Jalan Polindes. Semua itu, bakal dirampungkan Pemdes Keras Kulon di masa jabatan Kepala Desa lama.

“Selain di Dusun Keras Kulon I, ada juga target pembangunan lainnya yang harus diselesaikan. Yakni merampungkan pembangunan di Dusun Keras Kulon II dan III, seperti Pavingisasi dan Cor beton jalan polindes,” jelasnya.

Diketahui bahwa, upaya pembangunan insfrastruktur yang dilakukan Desa Keras Kulon, Kecamatan Gerih, Ngawi, merupakan amanah dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Permendes No.5 Tahun 2015), tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa yaitu Peningkatan Pembanguna Insfrastruktur di Desa. (ren)

#pemdes #keraskulon #kecamatangerih #Kabupatenngawi #pembangunaninsfrastruktur


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *