Kemeriahan Festival Jenang Candi, Sebanyak 4444 Porsi Jenang Ludes Diserbu Warga


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam rangka memperingati HUT RI ke-73 tahun 2018 Desa Candirejo, Kec / Kab Magetan, bersama karang taruna, dibawah binaan Forum Komunikasi Kelompok Sadar Wisata (Forkom Pokdarwis) Kab. Magetan yang di pimpin Widya, menggelar festival Aneka Jenang Candi, sebagai bentuk pelestarian tradisi budaya yang sudah mulai tenggelam, Minggu (2/9/2018).

Sebanyak 4444 Porsi makanan Jenang dibagikan secara gratis pada masyarakat yang hadir di lokasi, bertempat di lapangan Desa Candirejo Kecamatan Magetan.

Terlihat dari ribuan masyarakat yang hadir untuk menyaksikan acara ini sekaligus mencicipi rasa jenang khas Desa tersebut. Mulai dari warga Desa setempat sampai luar wilayah Candirejo juga ikut memadati lapangan yang menjadi tempat terselenggaranya acara.

Baca Juga :  Seorang Kakek Penjaga Makam Ditemukan Membusuk di Dalam Kamar
Prosesi Pemotongan Pita Oleh Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih Periode 2018-2023.

Acara ini, dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati terpilih Dr. Drs. H. Suprawoto, SH, M.Si, dan Nanik Endang Rusminiarti, S.Pd, M.Pd, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Magetan, Bambang Setyawan, dan Kepala Desa Candirejo Moch Sulaiman.

Apresiasi dari Bupati terpilih bahwasannya makanan khas jenang candi perlu dilestarikan dan dibudayakan. Ini merupakan momentum yang bagus karena dapat mengingatkan kembali bahwa di Desa Candirejo mempunyai makanan khas yang sangat enak untuk di nikmati. Dan otomatis dapat meningkatkan perekonomian bagi warga Desa Candirejo dalam hal kuliner makanan jenang.

Baca Juga :  Desa Wedusan Sajikan Hiburan untuk Satgas TMMD ke 102

“Jenang Candi ini rasanya enak sekali, itu mengingatkan saya dulu waktu tinggal disini setiap Jum’at Pon selalu antri untuk membeli jenang tersebut. Semoga acara festival jenang ini menjadi agenda rutin yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat Desa Candirejo”, kata Suprawoto.

Kepala Desa Candirejo Moch Sulaiman menjelaskan, acara ini digelar untuk menghidupkan lagi budaya daerah yang sudah mulai tenggelam, salah satunya adalah Makanan Khas Desa Candirejo berupa jenang.

Baca Juga :  Tol Trans Jawa : Panglima TNI dan Kapolri Yakin Mudik Lebaran 2019 Lancar

“Sebanya 4444 jenang disajikan kepada masyarakat yang hadir. Tujuannya untuk melestarikan Jenang Candi yang sudah melekat sebagai budaya Desa dan membangkitkan kembali makanan khas asli Daerah dari Desa Candirejo,” terang Sulaiman kepada Arya-Media (2/9).

Diberitahukan bahwa, sebelum acara puncak dimulai, diadakan pula jalan sehat berhadiah dorprase menarik serta hiburan kesenian reog dengan sajian 15 dadak merak, yang ikut berpartisipasi memeriahkan acara. (ren/redk)

 1,248 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!