Kemeriahan Gumelaring Kadipaten Purwodadi Ciptakan Lahan Bisnis Dadakan


Hari Kedua Festival Gumelaring Kadipaten Purwodadi Petanggal 01-08-2018.

ARYA-MEDIA, Magetan – Festival “Gumelaring Kadipaten Purwodadi” yang di adakan Pemerintah Desa (Pemdes) Purwodadi masih terus berlanjut. Diawali dengan Sewu Tumpeng dan Laku Bisu kemarin (31/8), membuat area sekitar benteng tidak henti-hentinya dikunjungi warga, baik dari masyarakat Desa Purwodadi maupun sekitaran Desa, bahkan dari pelosok Desa di Magetan juga turut hadir untuk menyaksikan festival ini.

Hari ini adalah hari kedua yang tersajikan juga beberapa kegiatan festival benteng yang dilakukan sesuai agenda jadwal dalam Gumelaring Kadipaten Purwodadi, mulai dari lomba mewarnai tingkat TK dan Paud di pagi hari, siangnya dilanjutkan dengan Linenggahan Gusti yang terdiri dari gabungan dari muslimat se-Kecamatan Barat, dan dilanjutkan pada malamnya dengan beberapa seni tari yang diakhiri dengan ketoprak Srikandi Budaya dengan lakon “Sritanjung”, Sabtu (01/9/2018).

Terlihat ribuan orang berbondong-bondong hadir dari berbagai wilayah untuk menyaksikan acara festival yang ada di Benteng Purwodadi ini. Tepatnya sebelah selatan Benteng yang ada di Desa Purwodadi, Kecamatan Barat, Kabupaten Magetan.

Baca Juga :  Kejari Tetapkan Kades Sempol Sebagai Tersangka Tipikor
R. Septian Bagus Winata S.S, Saat Meninjau Stand Dari Disperindag Kab. Magetan.

Kesibukan seluruh panitia yang melibatkan semua perangkat Desa bersama warga tampak bersemangat demi tercapainya acara tersebut. Kepala Desa Suci Minarni bersama anak pertamanya Raden Septian Bagus Winata S.S juga turut andil dalam perhelatan festival Gumelaring Kadipaten Purwodadi ini. Dengan membagi tiga tempat pertunjukan, yaitu pentas seni, panggung musik klasik beserta seniman art dari magetan dan panggung utama yang menjadi poros digelarnya ertunjukan. Semua itu bertujuan menggali, mengembangkan dan melestarikan nilai sejarah Purwodadi dengan segala aspek-aspek kehidupannya di zaman dahulun, yang semata-mata untuk menghibur rakyat.

Baca Juga :  Paska Bencana Aktifitas Belajar Mengajar Mulai Aktif

“Kami membagi tiga tempat pertunjukan, agar masyarakat dapat memilih hiburan mana yang di sukainya. Mulai tari-tarian, musik klasik, dan gabungan seni budaya yang berada di panggung utama”, ucap Septian.

Lanjutnya, semoga dengan konsep sajian Tahun ini dapat menghibur masyarakat yang ada. Semua ini adalah upaya Pemdes untuk menguri-uri budaya sebagai bentuk manifestasi upaya perlindungan, pemanfaatan, dan pengembangan terhadap cagar budaya”, ungkap Septian sosok pemuda yang pernah menerima perhargaan Gubernur sebagai pemuda pelopor 2017.

Ditempat yang sama terlihat salah satu panitia sedang mengkondisikan para penjual yang berada di deretan stand yang sudah disiapkan oleh panitia. Saat ditemui Arya-Media Sumali salah satu panitia menjelaskan, ada beberapa stand dari Dinas Pemkab Magetan, seperti Dinas Koperasi, Disperindag, dan lainnya yang merupakan sponsor pendukung acara tersebut. Dan juga disediakan bagi masyarakat umum yang berminat untuk berdagang di area yang sudah ditentukan.

Baca Juga :  Ditinggal Pergi Ke Pasar, Rumah di Ngawi Ludes Terbakar
Salah Satu Panitia Bpk. Samali Sedang Mengkondisikan Stand Jualan.

“Bagi masyarakat umum yang berminat dapat menghubungi panitia. Dengan membayar biaya sewa 50 ribu penjual bisa berdagang di tempat yang sudah disediakan. Untuk uang itu, sebagai pengganti biaya listrik dan retribusi kebersihan selama tiga hari”, jelas Sumali.

Ungkapan juga terlontar dari Anjas, seorang pedagang jagung bakar yang tak luput juga kebanjiran rejeki dengan adanya festival benteng tersebut. Berbekal jagung dengan mentega yang diberi bumbu sebagai rasa gurih, Anjas sudah dapat mengais pundi-pundi rejeki dari para penonton yang melintasi dagangannya berderet sejajar dengan pedagang lainnya.

“Saya berjualan di sini mulai awal dibukanya festival. Alhamdulillah sampai malam ini dagangan saya selalu habis diserbu pembeli. Kalo semalam bawa jagung sekarung, ya lumayan lah bisa bawa pulang 300 ribuan”, pungkasnya. (ren)

 1,492 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!