Kemeriahan Karnaval Geneng, Dalam Rangka Memperingati HUT RI Ke-73


ARYA-MEDIA, Ngawi – Dalam rangka memperingat Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) Ke-73, Kecamatan Geneng, Kab. Ngawi, bekerja sama dengan UPT Pendidikan Geneng, Kab. Ngawi, menggelar acara karnaval dengan tema “Pelestarian Seni Dan Budaya Daerah Mendukung Negeri Ngawi Ramah”, bertempat di lapangan Tepas, Geneng, Ngawi, mulai pukul 13.00 Wib sampai pukul 16.00 Wib. Dan dibantu pihak Kepolisian Polsek Geneng, untuk menangani kemacetan demi kelancaran acara karnaval menjadi aman dan kondusif, Sabtu (11/8/2018).

Ribuan pelajar asal berbagai Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) turut andil dalam memeriahkan karnaval HUT RI ke-73 ini. Dengan menggunakan beraneka ragam kostum, mulai dari pakaian adat khas etnis nusantara hingga seragam berbagai profesi seperti TNI, Polri, Aparatur Sipil Negara (ASN), Dokter dan lainnya. Tidak hanya itu, ada juga pakaian unik yang sengaja dirancang guna meriahkan barisan karnaval. Ada yang memakai pakaian pernak pernik dari kertas dan plastik daur ulang, yang dibentuk menampilkan pagar budaya Indonesia.

Baca Juga :  RSUD Genteng Peringati Hari Ginjal Dan Kesehatan Perempuan

Masyarakat yang melintas pun mendadak berhenti dan jalanan pun dipadati masyarakat yang stanby untuk melihat dan mengabadikan gambar dengan ponsel pintarnya. Sedangkan Rute karnaval dimulai dari lapangan berkeliling melintasi arah pabrik gula soedhono dan kembali ke lapangan sebagai finish.

Rombongan karnaval dibagi beberapa tahap, dimulai dari pelajar SD sebanyak 24 sekolah, lalu SMP sedikitnya 3 sekolahan dan diakhiri 2 sekolahan dari SMK. Satu diantara siswi SMKN 1 Geneng, mengaku bangga bisa ikut turut serta meriahkan HUT RI Ke-73 Kab. Ngawi. Menurutnya, karnaval menjadi media pengingat bagi generasi muda dan masyarakat Ngawi, bahwa negara Indonesia itu besar dan kaya. “Dengan karnaval ini kan kita jadi tahu. Banyak etnis yang ada di Indonesia. Menjadi satu dalam Bhinneka Tunggal Ika,” ungkap salah satu peserta.

Baca Juga :  Menuai Kontroversi, Bakal Cakades Karangmojo Gagal Maju Pilkades 2019

Saat bertemu dengan Kepala Desa Tepas di lapangan, Samidi mengatakan, turut mengapresiasi kegiatan karnaval dalam rangka memeriahkan HUT RI Ke-73. Dengan diadakannya karnaval ini, diharapkan mampu menggugah semangat nasionalisme generasi muda. Namun ada yang disayangkan oleh Kades Tepas, karena kondisi lapangan yang kurang memadai. Karena area lapangan yang bergelombang dan berlubang.

“Harusnya rute buat jalan peserta itu di uruk tanah, biar tidak bergelombang. Pasalnya setiap peserta yang akan start justru kuwalahan karena rodanya terperosok dalam lubang yang ada di lapangan”, celetuk Kades pada Arya-Media.

Ditempat yang sama Camat Geneng, Yuanto, S.Sos Menuturkan, dengan diadakannya karnaval ini, diharap masyarakat khususnya Kecamatan Geneng dapat mengingatkan kembali terhadap jasa para pahlawan yang pernah berjuang, korbankan darah, air mata dan keringat bagi Negara RI. Kegiatan ini sudah kedua kalinya yang diselenggarakan tiap tahunnya. Untuk rencana kedepannya pada tahun ini, tanggal 14 Aguatus di adakan gerak jalan, dan tanggal 29 Aguatus Parade Drum Band yang dikuti sebanyak 12 club se-Kecamatan Geneng.

Baca Juga :  Pemkab Luncurkan “WANI BARES” Sebagai Saluran Pengaduan Masyarakat Magetan

“Untuk Drum Band baru tahun ini diadakan, karena tahun kemarin belum banyak club Drum Bandnya. Untuk karnaval dan gerak jalan, sdh berjalan 2 tahun ini”, ungkap Yuanto.

“Saya sangat apresiasi dengan karnaval ini sebagai edukasi, itu lihat ada berbagai macam baju daerah, kesenian, dan lainnya. Semua Itu mengingatkan kita dan memberitahu kita bahwa keaneka ragaman budaya Indonesia, yaitu “Bhineka Tunggal Eka”, berbeda beda tapi tetap satu,” pungkasnya. (ren/redk)

 2,939 total views,  20 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!