google-site-verification: google13bd4c39d137e058.html

Kepulangan PMI di Masa Pandemi, Magetan Berpotensi 755 Pekerja Migran


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Penanganan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di masa Pandemi Covid-19, khususnya di wilayah Jawa Timur Kabupaten Magetan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan bakal melakukan antisipasi dengan memperketat protokol kesehatan (prokes) terhadap mobilitasi kepulangan PMI di Indonesia. Sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Hal ini diungkapkan Bupati Magetan Suprawoto, usai zoom metting bersama Polda Jatim dengan didampingi jajaran Forkopimda Magetan, serta OPD terkait, di Ruang Eksekutif Polres Magetan, Senin (26/4/2021).⁣

⁣“Pembahasan tersebut terkait adanya PMI yang akan pulang ke Indonesia. Sedangkan di Magetan sendiri memiliki potensi sebanyak 755 orang PMI, dengan masa kontrak 2 tahun habis,” ujarnya.

Bupati Suprawoto menjelaskan, sesuai arahan dari Pangdam V Brawijaya menyebutkan bahwa,  secara teknis Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim akan melakukan Swan test PCR di Wisma Haji Surabaya, kepada para PMI yang pulang ke Indonesia. Apabila hasilnya positif, makan akan dilakukan perawatan di RS rujukan Covid19 di Surabaya. Namun demikian, kalau hasilnya negatif, bisa dikirim ke Kabupaten/Kota menuju kampung halamannya.

“Pemerintah daerah mempunyai kewajiban untuk menjemput warganya dan melakukan isolasi selama 3 hari. Dan PMI bisa pulang ke rumah masing-masing apabila hasil swab kedua dinyatakan negatif,” jelas Bupati Suprawoto, Senin (26/4).

Selain itu, Pemkab Magetan bakal menyiapkan langkah-langkah penanganan untuk menyambut kepulangan PMI di Kabupaten Magetan. “Besok kita lakukan persiapan, dan kita koordinasikan dengan pemerintah desa,” pungkasnya.

Diketahui bahwa, rapat virtual dibuka oleh Sekdaprov Jatim, dilanjutkan dengan paparan dari Wakil Rektor bidang riset UNAIR Dr. Ni Nyoman Tri Puspaningsih, M.Si., bersama Polda Jatim dan Pangdam V Brawijaya. Serta diikuti jajaran Forkopimda Kabupaten Magetan. (Ren)

 323 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!