Kereman Menjuarai Kontes Ternak Sapi 2018, Dan Bupati Motivasi Peternak Akan Gandeng Ahlinya


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Perternakan  dan perikanan (Disnakan) menggelar Kontes Ternak Sapi 2018 se-Kabupaten Magetan, bertempat di pasar Hewan Kecamatan Parang. Kamis (22/11/2018).

Sebanyak 54 ekor sapi mengikuti kontes ternak yang berpusat di daerah Parang tersebut. Beberapa puluhan ekor sapi hasil dari Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting ( UPSUS SIWAB) dipamerkan untuk mendapatkan pemenang dalam Kontes Ternak yang diadakan setiap 2 (dua) tahun tersebut.

Baca Juga :  Kejaksaan Negeri Lakukan Investigasi Dugaan Penyelewengan Dana Desa

“Ada tiga kategori yang dilombakan untuk menjadi pemenangnya. Yakni  Kereman Ekstrem hasil persilangan Inseminasi Buatan IB, Kereman Hasil Persilangan IB, dan Indukan hasil persilangan IB”, kata Kustini Kepala Disnakan Magetan.

Bagi pemenang kontes ternak 2018 lanjut Kustini, akan di ikutsertakan kedalam kontes ternak ke tingkat propinsi. “Harapannya, dengan diadakannya kontes ini, dapat memotivasi para peternak se-Kabupaten Magetan sebagai penghasilan, bukan sekedar sebagai sampingan saja”, ungkapnya.

Baca Juga :  Peduli Polda Jatim Kepada Wartawan Terisolasi Covid-19

 Ditempat yang sama, Bupati Magetan Suprawoto menjelaskan, Kontes ternak sapi ini dapat dijadikan motivasi para peternak untuk dapatnya mengembangkan jenis sapi lainnya, dan bukan hanya penggemukan saja. Akan tetapi dengan banyaknya jenis sapi, bisa dikembangkan untuk menghasilkan susu dengan penyajian pakan yang tepat, seperti sapi perah yang ada di Singolangu.

“Kita akan gandeng pakar ahli ternak dari Unibraw, dia kan juga orang Magetan, jadi kita ajak sama-sama memikirkan Magetan. Yaitu dengan memberikan bagaimana cara meracik pakan yang baik untuk meningkatkan produksi susunya”, jelasnya kepada Arya-Media.

Baca Juga :  Kades Purwosari Angkat Bicara, Lakukan Langkah Obyektif Terkait Tudingan Sekdes Tidak Ber-SK

Diketahui bahwa, dalam kontes ternak 2018 yang digelar oleh Disnakan Kabupaten Magetan, telah mendapatkan juara dari sapi jenis Kareman ekstrim asal Desa Mojorejo, Kecamatan Kawedanan dengan bobot 1100 Kg. Untuk juara 2 diraih oleh peternak dari Kelurahan Sarangan, Kecamatan Plaosan dengan bobot 953 Kg. Sedangkan juara 3 dalam kategori sama diraih sapi dengan bobot 943, peternak asal Kelurahan/Kecamatan Panekan. (ren)

 959 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!