Kesan Dikpora Terhadap Jalan Santai “Kang Suyat”


Kondisi Stadion Yoso Negoro, Senin Pagi 11/12/2017

Magetan, Arya Media– Acara jalan santai atau dikenal dengan “mlaku bareng” yang diadakan oleh salah satu bakal Calon Bupati (Cabub) Suyatni, menjadi kesan yang tidak menyenangkan bagi Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kabupaten Magetan. Pasalnya hingga hari Senin, (11/12/ 2017) masih banyak ditemukan sampah berserakan yang terlihat masih kumuh dan kotor.

Jalan Santai yang diselenggarakan di dalam stadion Yosonegoro Magetan, mengakibatkan sampah berserakan dimana-mana, semua itu berasal dari peserta dan pengunjung yang melihat acara tersebut, mulai dari gelas air mineral, kulit kacang, sisa tiket jalan santai dan lain-lainnya.

Kadin Dikpora, Drs. Djoko Santoso M.Pd

Djoko Santoso Kepala Dinas (Kadin) Dikpora, Kabupaten Magetan mengatakan, “pihaknya sangat menyayangkan dengan penyelenggara jalan santai ini, karena hingga sampai saat ini keadaan stadion masih kotor, seharusnya usai dipakai langsung dibersihkan bukannya ditinggal,” ucap Kadin Dikpora.

Dikatakan juga, dia datang ke stadion karena mendapat teguran dari Bambang Trianto, sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Magetan. Kalau sesuai  rekomendasi, bahwa ada pasal yang menyatakan, kerusakan akibat kegiatan merupakan tanggung jawab panitia, termasuk kebersihan. “Jadi kalau selesai acara stadion harus dalam keadaan bersih kembali, tidak seperti ini ,” tuturnya dengan nada kesal.

“Pagi tadi hingga siang  stadion telah dibersihkan oleh sejumlah staf PNS dan 5 tenaga outsourcing dari kami , karena tenaga kami terbatas, jadi kami hanya membersihkan sementara sekitar GOR dan halaman depan stadion, untuk bagian dalam nanti,”  keluh Djoko Santoso.

Namun sebelumnya pihak panitia sempat menawar untuk membersihkan stadion minta waktu 2 hari, waktu dua hari sebenarnya terbilang lama, sebab stadion adalah sarana umum yang sewaktu-waktu bisa dipakai oleh siapa saja, apalagi setiap sore digunakan latihan sepak bola.

Sejumlah PNS dan Outsorching, Sedang Membersihkan Sampah

”Pada awalnya, kami senang karena sebelum acara dimulai , lapangan stadion dibersihkan dan mengerahkan tenaga warga sekitar untuk membersihkan area, tapi akhirnya kami kecewa karena setelah acara tidak ada pertangungjawaban tentang kebersihan secara langsung”, terang Djoko.

Hingga berita ini diturunkan, keadaan stadion Yosonegoro dan area GOR Ki Mageti, masih terlihat kotor dan kumuh, karena belum ada tindakan dari panitia untuk membersihkan kembali.

Setelah dikonfirmasi kepada Agung Hermawan, selaku ketua panitia penyelenggara jalan santai terkait kebersihan sudah masuk tanggungjawabnya. ”Dari pihak panitia tetap membersihkan dan itu sudah menjadi tanggung jawab kami sebagai panitia jalan santai, tapi untuk membersihkan stadion tidak cukup membutuhkan waktu 1 sampai 5 jam, untuk membersihkan stadion butuh waktu 1 sampai 2 hari, Insya Alloh besok mulai membersihkan kembali, apalagi tadi sore hujan,” tutupnya. (Red)

 1,849 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!