Kiprah Kodim 0804 Kabupaten Magetan


Giat dalam rangka menanam padi

Greget para petani di Kelurahan Sampung, Kecamatan Kawedanan, Kabupaten Magetan patut mendapat jempol. Melalui Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang dikawal Sutrisno, melakukan giat penanaman padi serentak. Mereka menggunakan sistim Jajar Legowo bibit padi ‘Inpari Super 33’ dengan lahan seluas 5 Hektar.

Pada kesempatan itu nampak hadir Mantri Tani Kewedanan Endang, PPL Pertanian Sri Rejeki, Danramil 0804/10 yang diwakili Bati Wanwil Pelda Hartono, Babinsa Kelurahan Sampung Serka Paimun, Seluruh PPL se Kecamatan Kewedanan, dan Perwakilan Kelompok Tani (Poktan) se Kecamatan Kewedanan.

Kegiatan di Hari Lapang Tani ini, Selasa (28/11/2017), bertujuan untuk mengenalkan dan membudayakan Sistim Tanam Padi Jajar Legowo Super Sistem Satu Dua. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan hasil prodoksi panen padi petani. Selain itu manfaat tanam padi sistem Jajar Legowo bisa menghindari segala serangan hama agar tumbuh subur.

Sementara itu di hari yang sama, Danramil Poncol memberikan Pembekalan materi Pelatihan Tanggap Bencana dan Kegiatan Sosial bagi anggota Pelindung Masyarakat (Linmas).

Sebanyak 30 personil anggota Linmas berkumpul di Aula Kelurahan Alastuwo, Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan diberi pembekalan tentang pelaksanaan tugasnya dalam menciptakan situasi yang aman, nyaman, dan tentram.

“Adakan komunikasi dan berdayakan keberadaan unsur Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang ada di desa / kelurahan, sehingga terjalin kebersamaan yang harmonis dalam mewujudkan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan,” petunjuk Danramil di hadapan yang hadir.

Lebih lanjut Danramil Poncol juga menyampaikan pesan moral, bahwa sebagai makhluk sosial, anggota Linmas juga harus dapat menempatkan diri di berbagai kegiatan.

“Utamanya membantu Tanggap Bencana dan membantu acara warga desa / kelurahan yang mempunyai hajatan. Anggota Linmas harus mampu menggugah semangat warga untuk tetap menggalakan kegiatan Pos Kamling, sehingga pada akhirnya tercipta situasi yang kondusif,” lanjutnya.

Membantu Evakuasi Tanah Longsor

Di tempat lain, anggota Koramil 0804/10 Kawedanan bergotong royong bersama warga Plaosan Magetan. Jalur Sarangan – Mojosemi, Selasa (28/11/2017) sekitar pukul 13.00 WIB terjadi tanah longsor.

Babinsa Sarangan beserta anggota Koramil 0804/02 Plaosan bersama warga memantau dan membersihkan lumpur yang sempat menutup jalan. Kejadian tersebut ketika hujan mengguyur di wilayah Plaosan. Saat kejadian longsor jalanan sedang sepi, sehingga tidak menimbulkan korban matriil ataupun jiwa.

 1,620 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!