Kirap Nayoko Projo Andum Berkah Bolu Rahayu, Budaya Ciri Khas Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam rangka memperingati pergantian tahun baru jawa 1953 saka 1441 H (Suro), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menggelar acara Kirap Nayoko Projo Andum Berkah Bolu Rahayu. Dimulai start dari Pendopo Surya Graha, sebanyak 8 ribu kue bolu diarak menuju ke GOR Ki Mageti, Sabtu (7/9/2019).

Antusias ribuan masyarakat, tampak terlihat untuk memperebutkan kue khas Magetan yang disusun menjadi berbagai bentuk seperti gunungan, lesung, bedug. Sebagian warga bahkan rela bedesak-desakan agar mendapat bagian kue bolu dengan harapan tahun ini merupaan tahun berkah bagi mereka.

Dalam acara tersebut kue bolu diarak oleh kereta kencana Bupati Magetan Suprawoto beserta istri, disusul dengan kereta kencana Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti beserta suami. Disusul kereta kencana jajaran Forkopimda dan segenap pimpinan OPD Kabupaten Magetan, lengkap dengan busana Khas Gondokusuman.

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, Pemkab akan terus mempertahankan kearifan lokal dengan melestarikan seni dan budaya sebagai bentuk ciri khas Kabupaten Magetan. “Budaya ini akan kita jaga sebagai ciri khas Kabupaten Magetan. Maka dari  itu, mari kita sama-sama ikut melestarikan seni dan budaya yang ada di Kabupaten Magetan,” ucapnya.

Disisi lain, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan, Venly Tomi Nicholas menjelaskan, pihaknya akan terus berupaya untuk meningkatkan tampilan acara tradisi tahunan yang diselenggarakan Pemkab Magetan. “Sebagai penarik wisatawan kedepan, kami akan berupaya agar tampilan tradisi tahunan ini menjadi semenarik mungkin. Karena ini adalah seni budaya tradisi yang harus dilestarikan,” pungkasnya.

Diketahui bahwa, Kirap Nayoko Projo sendiri memiliki makna pengejawantahan dari manunggaling kawulo gusti. Dimana melalaui kirap tersebut bisa digambarkan sebagai bentuk dari pemegang tampuk pimpinan di Kabupaten Magetan yang sedang melakukan tilik kawulo atau menyambangi masyarakatnya. Sedangkan Andum Berkah Bolu Rahayu, merupakan kegiatan rutin tahunan yang harus dilestarikan dari tahun ke tahun. (ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *