KKP Tandatangan Pinjam Aset Daerah, Kampus Poltek AKP Sidoarjo Bakal Hadir di Magetan


ARYA-MEDIA | Magetan – Pengembangan dunia pendidikan di Kabupaten Magetan, menjadi prioritas Bupati Suprawoto dengan menggandeng Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo (AKPS), untuk mendirikan cabang akademi poltek di wilayah Kabupaten Magetan.

Hal itu ditandai dengan Penandatanganan Pinjam Pakai Aset Daerah oleh Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, yang dihadiri oleh Bupati Magetan beserta Wakil Bupati, Perwakilan Kementrian Kelauatan dan Perikanan (KPP) RI, Sekretaris Daerah Magetan, Staff Asisten, Kepala OPD terkait, Direktur Politeknik AKPS beserta jajarannya. Bertempat di ruang Jamuan Pendopo Surya Graha Magetan, Sabtu (21/11/2020).

Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, Kementrian Kelautan dan Perikanan RI telah berkomitmen akan membuka instalasi pendidikan cabang dari Poltek AKP Sidoarjo untuk di Kabupaten Magetan. Program Pendidikan (Prodi) AKP Sidoarjo memiliki prodi kelautan dan prodi air tayau, sedangkan di Kabupaten Magetan dikhususkan untuk prodi air tawar.

“Sebenarnya gagasan ini sudh dirintis mulai tahun kemarin, dan hari ini baru bisa penandatanganan pinjam pakai aset milik Pemkab Magetan. Sehingga akan timbul pemerataan pendidikan untuk wilayah Jawa Timur Khusus Kabupaten Magetan,” kata Bupati Suprawoto, Sabtu (21/11).

Bupati Suprawoto menjelaskan, Program Pendidikan (Prodi) AKPS di Kabupaten Magetan, ditargetkan 5 (Lima) jurusan pendidikan dengan pinjam pakai aset  daerah di SD Tanjungsari Kec Panekan Kabupaten Magetan. “Tahun 2021 baru pelaksanaan dengan adanya praktek mahasiswa AKPS di Magetan, dan rencananya tahun 2022 sudah mulai di bangun, dengan prodi jurusan budidaya perikanan,” jelasnya.

Keberadaan Politeknik AKP Sidoarjo, kedepan dapat menjadikan Kabupaten Magetan menjadi spot kota pendidikan yang dapat di jangkau oleh masyarakat Magetan dan sekitarnya. “Jadi masyarakat Magetan bisa sekolah sesuai yang diinginkan, dan perlu di ingat bahwa sekolah Politeknik AKP Sidoarjo nanti tidak dipungut biaya alias gratis. Sehingga orang miskin juga bisa sekolah, dan kewajiban kita memutus rantai kemiskinan yang paling mudah adalah pendidikan.” Terangnya.

Sementara, ditempat yang sama, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Magetan, Drh. Kustini, M.Si., menjelaskan, pembangunan antara PNS di Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan pemerintah Kabupaten Magetan tentang pengembangan riset dan sumber daya manusia, diawali dengan penebaran benih ikan Dewa di Telaga Sarangan.

Sedangkan pengamatan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, telah mencermati potensi di Kabupaten Magetan dan dapat dikembangkan sebagai instalasi pendidikan vokasi budidaya air tawar dari Politeknik Kelautan dan Perikanan Sidoarjo.

“Ini suatu hal yang luar biasa, Magetan dapat bekerja sama dengan Politeknik AKPS melalui Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, untuk peengembangan SDM bagi Magetan. Secara inten kami koordinasi dengan Akademi perikanan dan kelautan Sidoarjo dan salah satu persyaratan untuk berdirinya cabang akademi Poltek KP Sidoarjo di kabupaten Magetan adalah sering adanya kegiatan program Kementerian Kelautan dan Perikanan,” pungkasnya. (Ren)

 23,146 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!