google-site-verification: google13bd4c39d137e058.html

KLB PSSI Jatim Digelar Maret 2021 Dengan Prokes Covid-19, Ahmad Riyadh Berpeluang Terpilih Lagi


ARYA-MEDIA | SURABAYA – Keputusan rapat Komite Eksekutif atau Exco Asprov PSSI Jatim, terkait pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI Jawa Timur, langsung direspon Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP), dengan menggelar rapat perdana penyusunan tahapan pemilihan anggota Exco PSSI, di kantor PSSI Jatim, Jalan Ketampon 90, Kamis (21/1/2021).

Rapat perdana ini dipimpin Ketua KP KLB Asprov PSSI Jatim, H Makin Rahmat, SH, MH, yang dihadiri anggota KP dan Komite Banding Pemilihan (KBP) KLB Asprov PSSI Jatim, serta didampingi Sekretaris Asprov PSSI Jatim H. Amir Burhanuddin, SH. Dalam rapat, dilakukan pembahasan sosialisasi Kongres Luar Biasa (KLB), dan tahapan-tahapan proses KLB sesuai dengan statute PSSI.

“Kami sudah menetapkan tahapan untuk persiapan pemilihan ketua, wakil ketua dan anggota Exco (Komite Eksekutif) PSSI Jatim periode 2021-2025 pada KLB Asprov PSSI Jatim. Insha-Allah bakal digelar pada akhir Maret mendatang. Untuk timeline tahapan ini sesuai dengan statuta PSSI yang terbaru,” ungkap Makin Rahmat, Jumat (22/1).

Makin Rahmat, yang juga sebagai Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jatim menjelaskan, digelarnya KLB 2021 merupakan hasil keputusan rapat Exco PSSI Jatim yang digelar 12 Januari 2021 lalu. Rapat secara daring tersebut dipimpin langsung Ketua Umum Asprov PSSI Jatim, Ahmad Riyadh UB, Ph.D, denga hasil keputusan periha tentang prinsip, agar organisasi Asprov PSSI Jatim tetap eksis di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Sebagai Fungsi Kontrol, Bupati Magetan Ajak Media Bersama Memajukan Magetan

“Jadi, KP akan kordinasi dengan Asprov PSSI Jatim, untuk mengirim surat dan memberitahukan kepada anggota PSSI Jatim tentang tahapan KLB. Intinya, keseriusan Asprov menggelar KLB harus tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya.

Diketahui sebelumnya, PSSI Jatim telah memberitahukan, masa bakti kepengurusan PSSI Jatim yang dipimpin Ahmad Riyadh UB, Ph.D, akan berakhir pada 2021, setelah ia terpilih melalui KLB 2017 di Garden Palace Hotel, Surabaya.

Hal itu dibenarkan Ahmad Riyadh, mengungkapkan bahwa, setelah Exco Asprov PSSI Jatim menggelar rapat secara daring, memutuskan untuk menghentikan pelaksanaan Liga 3, dan Asprov PSSI Jatim akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) pada akhir Maret 2021.

Baca Juga :  PPAB Sambat ke Dewan, Keluhkan Pungli dan Penataan Pedagang

“Digelarnya KLB, berdasarkan statuta PSSI Jatim terbaru 2020. Voter KLB nanti sesuai dengan kompetisi terakhir (2019) yang berjumlah 75 voter. Ditambah satu suara dari Asosiasi Futsal Provinsi (AFP),” ujar Ahmad Riyadh, Kamis (22/1).

Sementara, jumlah voter yang mencapai 75 tersebut diantaranya adalah, 38 voter Askab/Askot, dan 37 klub peserta kompetisi Liga 3 Jatim 2019. “Sebenarnya klub peserta kompetisi Liga 3 Jatim 2019 ada 38 klub, namun karena lolos ke Liga 2 (Putra Sinar Giri), klub ini kehilangan hak suaranya,” terang Riyadh.

Riyadh yang baru satu periode memimpin Asprov PSSI Jatim diprediksi masih berpeluang besar terpilih lagi untuk periode berikutnya. “Justru yang ramai dalam kongres nanti adalah pemilihan exco, bukan pemilihan ketua umum,” kata sumber di Asprov PSSI Jatim.

Bahkan, menurut sumber tersebut, untuk bisa menjadi exco saat ini sudah banyak yang gerilya dalam mendapatkan dukungan dari peserta kongres yang punya hak suara.

Sebagai informasi, adapun tahapan KLB adalah sebagai berikut :

Baca Juga :  Berniat Liburan, Warga Madiun Tewas Tenggelam Di Telaga Sarangan

28 Januari: Pemberitahuan kepada seluruh anggota tentang akan digelarnya KLB Asprov PSSI Jatim. Untuk pemberitahuan ini Asprov PSSI akan mengirim surat kepada seluruh anggota PSSI Jatim. Surat ini dilampiri SK voters yang akan memberikan suaranya pada KLB. Berdasarkan rapat Komite Eksekutif, untuk voters pada KLB nanti berjumlah 76 voters, dengan rincian 38 Askab/Askot, 37 klub anggota peserta kompetisi Liga 3 2019, dan satu suara dari Asosiasi Futsal Provinsi (AFP).

29 Januari – 20 Februari ; Pendaftaran calon ketua, wakil ketua, dan anggota Komite Eksekutif. 21-24 Februari ; Verifikasi dokumen para pendaftar calon ketua, wakil ketua, dan anggota Komite Eksekutif. 25-28 Februari ; Waktu perbaikan dokumen pendaftar bila ada yang kurang lengkap. 1 Maret ; Pengumuman bakal calon Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Komite Eksekutif. 2-3 Maret ; Masa sanggah dan masukan dari publik/masyarakat terkait bakal calon ketua, wakil ketua, dan anggota Komite Eksekutif. 2-5 Maret ; Masa pengajuan banding. 6-8 Maret ; Masa pemeriksaan dan putusan hasil banding. Dan 9 Maret ; Pengumuman calon tetap Ketua, Wakil Ketua, dan anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Jatim.  (*)

 428 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!