Kodim 0804/Magetan Gelar Latihan Teknis Teritorial TA 2018


Magetan, Arya Media – Komando Distrik Militer 0804/Magetan menggelar latihan teknis teritorial guna meningkatkan kemampuan personelnya dalam tugas pembinaan wilayah.

“Seluruh anggota harus mengikuti kegiatan ini dengan serius agar dapat menyerap seluruh materi sebagai bekal melaksanakan tugas di lapangan,” kata Komandan Kodim 0804/Magetan Letkol Arm Heri Bayu Widiatmoko di Magetan, Senin (5/3/2018).

Latihan selama sepekan itu, berlangsung di Gedung Prajurit Markas Koramil 0804/01 Magetan Jl Pahlawan N0 3 Magetan Jawa Timur. Ia mengemukakan pentingnya pembinaan teritorial oleh para prajurit TNI secara profesional sehingga latihan teknis seperti itu harus terus-menerus dilakukan.

Baca Juga :  Sambut Pemilu Damai, Pemkab Magetan Berdo’a dan Dzikir Bersama

Materi latihan, katanya, menjadi bahan penting anggota prajurit dalam memelihara dan meningkatkan pemampuannya untuk mengoptimalkan pembinaan teritorial.

“Saya yakin materi ini sudah tidak asing lagi bagi babinsa, namun ibarat pisau, walaupun tajam kalau sudah lama tak diasah pasti akan menjadi tumpul. Untuk itu manfaatkan kegiatan ini sebagai media untuk mempertajam kemampuan seluruh babinsa,” ungkap Dandim 0804.

Baca Juga :  PENGUMUMAN KPU : Rekrutmen Panitia Pemungutan Suara PILBUP 2020

Pada kesempatan yang sama, Dandim 0804 Letkol Arm Heri mengingatkan pentingnya para babinsa untuk lebih peka terhadap perkembangan situasi di wilayah tugas masing-masing.

“Utamakan deteksi dini dan cegah dini, semua itu dapat di lakukan apabila babinsa rajin ke wilayah dan mempunyai banyak mitra karib,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Komandan Latihan Teknis Teritorial Kodim 0804/Magetan Mayor Infanteri Sunarto mengatakan, aparat komando kewilayahan (apkowil) harus mampu mengolah potensi wilayah yang meliputi geografi, demografi, dan kondisi sosial, menjadi kekuatan untuk kepentingan pertahanan negara.

Baca Juga :  Penggrebekan Warga Yang Berujung Penjara Terjadi Di Tulungagung

“Sebagai Apkowil dituntut harus mempunyai kualitas dan kemampuan teknis yang dapat diandalkan, di antaranya memahami kemampuan teritorial, memahami sikap teritorial, memahami metode binter yang menjadi pedoman dalam melaksanakan binter di wilayahnya,” kata Sunarto. (tsr 0804/redk)

 624 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!