Kodim 0820 Berikan Bimtek Pemanfaatan Bambu Sebagai Potensi Kerajinan Desa


ARYA-MEDIA, Probolinggo – Potensi wilayah Desa Wedusan yang banyak ditumbuhi pohon bambu dilirik Hipmi Kabupaten Probolinggo sebagai sumber daya alam yang dapat menjadi primadona kerajinan bagi masyarakatnya. Tepatnya siang ini diselenggarakan Bimbingan Teknologi (Bimtek) dalam pemanfaaatan bambu sebagai hasil kerajinan masyarakat Desa Wedusan khususnya, (11/7/2018).

Acara tersebut diselenggarakan di Balai Desa Wedusan, Kecamatan Tiris, Kab. Probolinggo. Beberapa pengurus Hipmi pun berada di desa tersebut memberikan sosialisasi. Kelompok para pengusaha muda yang berada di Kabupaten Probolinggo ini, atas pimpinan ketua Ibu Intan juga turut mendukung kegiatan non fisik TMMD ke 102 Kodim 0820/Probolinggo. Dengan keseharian masyarakat Desa Wedusan lebih banyak berkebun, maka banyak waktu luang yang tersisa sehingga alangkah baiknya diberdayakan dengan kemampuan berketerampilan mengolah bambu.

Baca Juga :  DISPARPORA Ngawi Promosikan Budaya Melalui Ekonomi Kreatif

“Ini merupakan hari pertama dan akan terus berlanjut dengan pelatihan bagi masyarakat”, tegas Mayor Arh Ciptadi.

Mayor Arh Ciptadi juga mengatakan, Tidak hanya bicara saja, tentunya akan kami dampingi sehingga masyarakat bisa mengerjakan sendiri menjadi nilai tambahan ekonomi rumah tangga. Harapannya, Pemerintah Daerah atau dari Kecamatan bisa menaungi hasil kerajinan ini, hingga sampai proses pemasarannya. Sehingga, Bimtek yang diselenggarakan kepada masyarakat bisa memproduksi sendiri tidak terputus begitu saja. Ada pasar buat pengrajin nantinya yang terus berlanjut dan berkesinambungan, yang dapat membanggakan sebagai mata pencarian yang mampu menjadi penyumbang ekonomi rumah tangga. Dan pastinya akan berimbas bagi peningkatan kesejahteraan secara kewilayahan”, terang Ciptadi.

Baca Juga :  Desa Karas : Dirgahayu RI Ke-75, Jayalah Indonesiaku

Diketahui, bila ditelusuri pada Desa ini, begitu banyak bambu yang tumbuh dengan suburnya. Dan bila nanti berkembang dengan baik untuk kerajinan bambu, maka diperlukan pelestarian bambu sebagai bahan dasar kerajinan. (anis/ops/redk)

 375 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!