KPU Lakukan Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemilihan Bupati Dan Wakil Bupati Magetan 2018


ARYA-MEDIA, Magetan – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan melaksanakan Rapat Pleno Terbuka, Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Magetan Tahun 2018, yang dilaksanakan di gedung KPU Magetan, pukul 08.30 Wib, Kamis, (05/07/2018).

Turut hadir, anggota KPU Jawa Timur, Panwaslu se-Kabupaten Magetan, MUSPIDA, SKPD, anggota DPRD, Camat, perwakilan PPK Se-Kabupaten Magetan, serta saksi dari masing-masing Paslon (pasangan calon) Bupati dan Wakil Bupati Magetan Tahun 2018.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Magetan, Hendrat Subiyakto mengatakan, hari ini diadakan agenda rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magetan Tahun 2018″, terangnya.

Ketua KPU menambahkan, Rapat Pleno ini merupakan tahapan penting untuk mengetahui kepastian hasil perolehan suara pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Magetan 2018, setelah dilaksanakannya pemungutan suara pada tanggal 27 Juni 2018 kemarin”, imbuhnya.

Baca Juga :  8 Perangkat Desa Baluk Disahkan Sesuai SOTK Oleh Kadesnya

Hendrad juga berharap, ketiga pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Magetan, untuk tetap menjaga komitmen dengan menanggung siap kalah dan siap menang yang terdapat dalam Piagam Deklarasi Damai. Yang mana sudah ditandatangani oleh semua pasangan calon setelah penetapan nomor urut dilaksanakan”, ungkapnya.

Dari pantauan wartawan Arya-Media.Com dalam Rapat Pleno Rekapitulasi Penghitungan Hasil Suara tersebut, saksi dari Paslon Bupati dan Wakil Bupati nomor urut satu sejak dimulainya acara, tidak ada yang mewakili. Yang hadir pada saat putaran pertama saksi yang hadir hanya perwakilan dari Paslon Bupati dan Wakil Bupati nomer urut Dua (2) dan nomer urut Tiga (3). Namun setelah perhitungan suara untuk Gubernur Jatim selesai, saat perhitungan suara untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magetan berlangsung, saksi dari Paslon nomor urut Dua sudah meninggalkan tempat, justru saksi dari Paslon dari nomor urut Satu (1) tampak hadir dan juga saksi dari Paslon nomor urut Tiga (3).

Baca Juga :  Akibat Keteledoran Sumadi, Kios Bensin Miliknya Hangus Terbakar

Diketahui, untuk Hasil Perhitungan Rekapitulasi Suara Pilbup Magetan 2018, dari jumlah (Daftar Pemilih Tetap) Berdasar hasil pendataan akhir yang dilakukan Panitia, dari jumlah keseluruhan jumlah pemilih sebanyak 534.621 pemilih, yang meliputi 257.206 laki-laki dan 277.415 perempuan. Semua itu tersebar pada 1.296 TPS, yang berada di 235 desa, terbagi pada 18 kecamatan se-Kabupaten Magetan.

Untuk hasil perolehan suara sah pada masing-masing Paslon dari jumlah keseluruhan suara yang sah dan tidak sah 403.406 suara, untuk Paslon nomor urut 1 (Suyatni-Nur Wahid) sebanyak 115.395 suara atau (30,09 %) , dan Paslon nomor urut 2 (Gus Amik-Joko Suyono) sebanyak 103.176 suara atau (26,90 %), sedangkan perolehan suara pada Paslon nomor urut 3 (Suprawoto-Nanik Sumantri) adalah yang tertinggi sebanyak 164.932 suara atau (43,01 %) atau tepat yang dilakukan pada Quick Real Count pada Tanggal 27 Juni 2018 malam. Jadi untuk suara yang sah sebesar 383.503 suara, sedangkan yang tidak sah sebanyak 19.903 suara.

Baca Juga :  Ciptakan IKM, Disperindagtaker Ngawi Gelar Pelatihan IK Aneka Makanan

Setelah semua PPK Se-Kabupaten Magetan membacakan berita acara (BA) Pleno penghitungan suara, selanjutnya dilakukan penetapan oleh pihak KPU dengan penandatanganan BA Rekapitulasi Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Magetan Tahun 2018 oleh seluruh komisioner KPU Kabupaten Magetan. (ren/redk)

 1,413 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!