Kunjungan Lapang Bupati Bojonegoro Kepada Kelompok Peternakan


ARYA-MEDIA, Bojonegoro – Bupati Bojonegoro Anna Muawanah melakukan Kunjungan Lapang Kelompok Peternakan dan Perikanan di Desa Trembes, Kecamatan Malo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020).

Dalam kunjungannya, Bupati Bojonegoro didampingi Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro, jajaran Forkopimca, Kepala Desa Trembes, serta Kelompok Peternakan dan Perikanan tiga kecamatan yakni Kecamatan Trucuk, Malo dan Kasiman.

Bupati Anna Muawanah meminta kelompok ternak tidak hanya nama, akan tetapi turut bertanggungjawab terhadap ketahanan pangan. Pada tahun ini, Kabupaten Bojonegoro memperoleh urutan ternak kedelapan se- Jawa Timur. Menurutnya, hal tersebut merupakan salah satu pilar ketahanan ekonomi yang berbasis rumahan, komunal, kampung, desa, pertanian, peternakan, dan perikanan.

“Saya minta kepada Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan untuk membentuk kelompok ternak, dan budidaya ikan di setiap desa yang bukan hanya nama, melainkan kelompok yang dapat bertanggungjawab untuk menguatkan ketahanan pangan di Bojonegoro,” ujar Anna Muawanah.

Disisi lain, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro Catur Rahayu mengatakan, ada beberapa langkah  yang akan dilakukan untuk penguatan kelembagaan peternak dan perikanan diwilayah Kabupaten Bojonegoro. Selain melakukan pembinaan dan penyuluhan kepada kelompok, serta memfasilitasi permodalan dengan lembaga keuangan, sehingga kelompok tersebut akan mendapatkan program dan akses pelayanan dibidang kesehatan hewan. 

“Saat ini telah dilakukan pembinaan untuk Cluster III yaitu wilayah Kecamatan Trucuk terdapat 6 Kelompok Tani Ternak, 5 Kelompok Perikanan. Di Kecamatan Malo 20 Kelompok Tani Ternak, 3 Kelompok Perikanan, dan Kasiman 18 Kelompok Tani Ternak 2 Kelompok Perikanan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, kepada media ini Danramil 0813-20/Malo Kapten Inf Paryanto, mengatakan pihaknya turut mendukung penuh program Ketahanan Pangan (Han Pangan) yang telah dicanangkan oleh pemerintah khususnya diwilayah Kabupaten Bojonegoro.

“Guna mendukung dan mensukseskan program Han Pangan ini, kita lakukan gerakan memanfaatkan lahan produktif berbasis rumah tanggga. Sehingga ketahanan pangan keluarga menjadi tangguh,” pungkasnya. (Pen/Redk)

 267 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!