UA-163642268-1

Kurangi Kecanduan Gadget, Seniman di Magetan Ajarkan Gamelan dan Wayang Sebagai Pendidikan Karakter


ARYA MEDIA | MAGETAN – Beralamatkan di Desa Jeruk Rt. 4 Rw.01, Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Sugeng Santosa bersama dengan Widodo menyalurkan ketrampilannya dengan bermain gamelan untuk diajarkan kepada anak didiknya.

Sejak tahun 2012 lalu, Sugeng Santosa selaku tuan rumah dan pemilik gamelan sudah melakukan latihan karawitan, kepada anak-anak SD di Desa Jeruk dengan dana dari kantong pribadi dan gamelan seadanya. Tujuannya, untuk membekali anak-anak dengan ketrampilan bermain gamelan.

“Dulu pelatihnya adalah (Alm) Pak Pri tpi sekarang sudah tidak ada, lalu digantikan oleh Pak Widodo sejak Oktober 2020”, jelas Sugeng pada Senin (1/02/2021).

Baca Juga :  Antisipasi Cluster Baru, Dishub Minta Jukir Tolak Pengunjung Tidak Bermasker

Hal itu dibenarkan oleh Widodo mengatakan bahwa, kegiatan itu berawal dari kerisauan hati melihat kondisi anak-anak hanya bermain hp dengan alasan sekolah online. Akhirnya dirinya memanfaatkan situasi tersebut untuk memberikan pelatihan karawitan dengan lebih intens.

“Ini dilakukan untuk mengurangi anak-anak agar tidak kecanduan hp. Akhirnya saya adakan latihan dengan materi pengenalan iringan wayang, salah satunya adalah Talu Shalawat Burdah karya Alm. Ki Enthus Susmono,” jelas Widodo selaku pelatih (1/02).

Baca Juga :  Satgas TMMD-102 Benahi Jalan Racek Arah Wedusan Dan Lakukan Pembersihan

Sebelumnya, pelatihan tersebut diadakan setiap hari minggu, akan tetapi karena PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) kini latihan ditiadakan lagi.

Selain itu, lanjut Sugeng mengungkapkan, bahwa dirinya pernah mengadakan 2 kali pagelaran wayang secara virtual, dengan dalang Ki Widodo dan 2 anak didik lainya.

“Kegiatan ini pada dasarnya bertujuan untuk memberikan ketrampilan kepada anak SD di Desa Jeruk, selain itu juga untuk sarana pendidikan karakter,” pungkasnya. (Bgs)

 1,583 total views,  2 views today

Baca Juga :  Proyek Tol Trans Jawa Berlanjut Ke PROBOWANGI Dengan Panjang 171 Km


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!