Lambatnya Pencairan ADD, Terhalang Administrasi Desa Kurang Lengkap


ARYA-MEDIA, Magetan – Menanggapi keluhan Perangkat Desa terkait lambatnya pencairan Alokasi Dana Desa (ADD), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menghimbau kepada seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) untuk mengkoreksi administrasi desa dalam mengajukan pencairan ADD tahap 1 Tahun 2020.

Kepala BPPKAD, Suci Lestrai mengatakan, lambatnya proses pencairan ADD yang menyebabkan sejumlah Perangkat Desa yang belum menerima Siltap sebagai hak mereka, terhalang oleh administrasi sebagai proses kelengkapan pencairan ADD tahun 2020.

“Sejauh ini, sudah ada beberapa desa yang administrasi lengkap, sudah bisa dicairkan. BPPKAD terus memproses pengajuan pencairan ADD dari sejumlah Desa, namun beberapa desa terpaksa harus kembalikan lagi karena berkas administrasi kurang lengkap,” katanya, Rabu (6/5/2020).

Menurutnya, Pemkab Magetan tidak ada maksut untuk menunda pencairan ADD. Semuanya berhubungan denga kurangnya kelengkapan yang harus dipenuhi dari pihak Pemdes. “Jadi tidak maksud dari Pemerintah untuk menunda-nunda, namun lebih pada kepatuhan pada kelengakapan SPJ,” ungkap Suci Lestari.

Suci menjelaskan, hingga hari Selasa (5/5) kemarin, pihaknya telah memproses pengajuan pencairan ADD dari 140 Desa. Namun, 68 desa diantaranya sudah bisa dicairkan karena telah lengkap secara administrasi. “Dari 207 se-Kabupaten Magetan, hanya 140 desa yang mengajukan pencairan ADD. Namun 68 desa yang sudah terealisasi,” jelasnya.

Sementara, di tempat terpisah Eko Muryanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Magetan mengatakan, pihaknya sudah mengirim surat pada semua Camat di Kabupaten Magetan untuk segera memfasilitasi pengajuan pencairan ADD.

“Kami sudah menyurati semua Camat untuk memfasilitasi desa di wilayahnya dengan pernyataan administrasi yang telah di tetapkan,” ungkapnya.

Sehingga, terkait keterlambatan pencairan ADD lebih disebabkan oleh lambatnya dari pihak desa dalam mencukupi kelengkapan administrasi. “Kami menghimbau kepada seluruh desa, agar proses verifikasi lebih ditingkatkan. Sehingga pengajuan pencairan ADD tidak jadi terhambat dan bisa segera cair tepat waktu sesuai dengan jadwal,” pungkasnya. (Ren/Hms)

 182 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!