UA-163642268-1

Lamongan Diguyur Hujan, Petani Tembakau Terancam Gagal Panen


ARYA-MEDIA | LAMONGAN – Petani tembakau di Desa Tenggiring, Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan Jawa Timur, harus bersiap-siap menelan pil pahit. Pasalnya, puluhan hektare tanaman tembakau di wilayah Lamongan selatan terancam gagal panen akibat cuaca yang tidak menentu.

Salah satu petani tembakau Gatot mengaku pasrah atas kondisi tembakau miliknya. Karena belum waktunya panen, sudah diguyur hujan beberapa hari hingga membuat daun tembakaunya semakin menipis dan kualitasnya juga menurun.

“Kami pasti akan mengalami kerugian, karena daun tembakau kami mengalami layu dan tipis, sehingga berpotensi pasti mati,” ujarnya, Kamis (16/9/2021).

Baca Juga :  Satgas Covid-19 : Belajar Tatap Muka di Jabodetabek Masih Tetap Daring

Dijelaskan Gatot, kondisi terancam gagal panen ini dialaminya selama dua tahun terakhir. Para petani tembakau saat ini mengalami kesulitan ekonomi, terlebih di masa pandemi saat ini.

“Kami berharap ada bantuan dari pemerintah kepada petani tembakau, baik berupa bantuan langsung tunai maupun bantuan lainnya. Untuk menopang perekonomian petani akibat gagal panen dan pandemic saat ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Kapolda Jatim Tinjau Vaksinasi Masal NUIS Pakis Malang

Akibat kejadian tersebut, Gatot menyebut, kerugian yang dialami para petani tembakau pada musim tanam tahun ini diperkirakan bisa mencapai kurang lebih sekitar 15-30 juta dalam satu kali masa tanam.

“Kalau kerugiannya diperkirakan bisa mencapai 15 juta sampai 30 jutaan, tergantung luas lahan tanam,” tandasnya. (SMSI/Red)

 266 total views,  2 views today

Baca Juga :  BPJS Ketenagakerjaan Dukung Peningkatan Kesejahteraan Pekerja UKM-IKM Nusantara


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!