UA-163642268-1

Langganan Banjir, Luapan Air Bengawan Solo Genangi 2 Desa Kecamatan Kartoharjo


ARYA-MEDIA, Magetan – Hujan yang terjadi hari Selasa (5/3) malam, mengakibatkan luapan air dari bengawan solo meluber ke sungai kali ulo, sehingga menggenangi dua Desa yang ada di Kecamatan Kartoharjo Kabupaten Magetan. Hal ini sudah menjadi langganan tiap tahunnya bagi warga di Kecamatan Kartoharjo, khususnya Desa Ngelang dan Desa Jajar.

“Luapan air dari bengawan solo ini, untuk Kecamatan Kartoharjo berdampak di Desa Ngelang dan Jajar. Sedangkan ketinggian air yang paling tinggi, berdampak pada Desa Ngelang, dengan ketinggian 80 centimeter”, kata Suwito Camat Kartoharjo, Rabu (6/3/2019).

Siaga darurat bencana telah dilakukan pihak TNI, Kepolisian, Dinas Kesehatan dan Tagana dan BPBD Kab. Magetan, untuk berjaga-jaga mengantisipasi kejadian yang tidak di inginkan. “Semuanya telah bergerak, mulai dari TNI, Kepolisian, Tim Kesehatan, Dinas Sosial dan juga BPBD Kab. Magetan juga sudah mendirikan posko bencana”, terangnya.

Baca Juga :  Gelar Aksi Prestasi, 200 Penerima PKH di Magetan Undur Diri

Sementara, Kepala Desa Jajar, Eko Suprayitno menuturkan, luapan air terjadi mulai pagi hari (6/3) sekira pukul 06.00 Wib, dengan ketinggian air di atas mata kaki hingga 1 meter. “Untuk Desa Jajar, selain area persawahan, luapan air juga menggenangi Rt.05 dan Rt.06, terutama jalan-jalan Desa, dan kebetulan itu di area rumah saya mas”, jelasnya kepada Arya-Media (6/3).

Baca Juga :  Bupati Sumenep, Lantik 225 Pejabat di Pendopo Agung Keraton

Eko berharap, untuk meminimalisir luapan air di kali ulo tersebut, agar segera dilakukan pengerukan, sehingga dapat menampung air supaya tidak meluber. “Kurang lebih sudah 5 tahun tidak pernah di keruk mas. Alhamdulillah untuk para petani di Desa Jajar sudah panen lebih awal, jadi tidak terjadi gagal panen”, pungkasnya. (ren)

 2,111 total views,  2 views today

Baca Juga :  TNI Bersama Warga Gotong Royong Membangun Jalan


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!