Langgar Protokol Kesehatan, 24 Warga Magetan Terjaring Operasi Yustisi


ARYA-MEDIA, Magetan – Penerapan protokol kesehatan secara ketat, dilakukan tim gabungan Forkopimda Kabupaten Magetan dengan menggelar operasi penertiban pemakaian masker sebagai upaya untuk menekan laju penyebaran Corona Virus Desiase 2019 (Covid-19) di Magetan.

Bertempat di halaman parkir timur Pasar Baru Magetan, Operasi Yustisi protokol kesehatan dilaksanakan tim gabungan TNI Polri bersama Pengadilan Negeri Magetan dan Kejaksaan Negeri Kab Magetan, serta beberapa OPD terkait, jumat (18/9/2020).

Dari operasi yang dilakukan selama kurang lebih 3 jam tersebut, sebanyak 24 pelanggar protokol kesehatan dengan tidak memakai masker terjaring operasi yustisi dengan melakukan sidang di tempat. Sedangkan sanksi bagi pelanggar protokol kesehatan yaitu dikenakan sangsi administratif atau denda sebesar Rp. 20 ribu dan maksimal Rp 50 juta.

“Bagi pelanggar yang tidak bisa membayar denda administratif dikenakan sanksi kurungan maksimal 3 hari,” kata Dian Lismana Zamroni, SH. M.Hum., selaku Hakim Pengadilan Negeri Magetan, Jumat (18/9).

Dijelaskan Hakim Pengadilan Negeri Magetan, sesuai Instruksi Presiden RI No : 6 Tahun 2020, dan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi Jawa Timur No : 2 Tahun 2020, serta Peraturan Bupati Magetan No : 32 Tahun 2020, bahwa bagi pelanggar yang tidak menggunakan masker akan ditindak langsung dengan cara sidang ditempat untuk diberikan peringatan agar tetap mematuhi protokol kesehatan covid-19.

“Operasi ini menyasar kepada pelanggar yang tidak menggunakan masker saat diluar rumah atau beraktifitas diluar. Semoga dengan adanya sidang yustisi tersebut dapat memberikan efek jera bagi masyarakat yang melanggar agar tetap mematuhi protokol kesehatan,” tandasnya. (Ren)

 24,253 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!