Lanjutkan Program Pembangunan Insfrastruktur, Desa Baderan Manfaatkan Dana Desa Untuk Paving Jalan


ARYA-MEDIA, Ngawi – Pemerintah Desa (Pemdes) Baderan, Kecamatan Geneng, Kabupaten Ngawi, memanfaatkan Dana Desa tahun 2019 untuk meningkatkan pembangunan insfrastruktur desa. Salah satunya adalah, pavingisasi jalan lingkungan di Dusun Mlarik Selatan, RT.05/RW.02, desa setempat.

Dari pantauan Arya Media di lokasi, pembangunan paving yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahap III tahun 2019 tersebut, menelan anggaran sebesar Rp. 70.588.600,- dengan panjang volume 3 x 77 meter, dengan pelaksana dari Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) Pembangunan Desa Baderan.

Kepala Desa Baderan, Suyanto atau dikenal deng Acong mengatakan, bahwa Dana Desa tersebut, sebagian besar diperuntukan untuk pavingisasi,  mengingat beberapa jalan dusun desa setempat belum dipaving. Sehingga pada musim penghujan nanti jalan desa bisa dilewati tanpa takut jalan becek.

“Saya hanya melanjutkan pekerjaan kepala desa sebelumnya. Kalau saya lihat, untuk dana desa tahap III tahun ini, sebagian besar digunakan untuk pavingisasi jalan desa,” ucap Suyanto, Kepala Desa (Kades) Baderan, Kamis (12/12/2019).

Suyanto menjelaskan, walaupun perencanaan pembangunan di Desa Baderan sudah terencana dengan perencanan serta perancangan melalui sebuah forum Musyawarah Desa (Musdes) yang melibatkan Pemerintahan Desa, BPD, dan lembaga lembaga masyarakat yang lain, pihaknya akan melaksanakan pembangunan dengan sebaik-baiknya sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang sudah ditentukan.

“Walaupun saya tidak ikut dalam Musdes perencanaan, kami akan melaksanakan pembanguan sesuai dengan RAB nya, bisa dilihat hasil pembangunannya di lokasi,” jelas Kades Baderan, kepada Arya Media, (12/12).

Selain itu, dalam pelaksanaan pembangunan paving tersebut, pihaknya mengutamakan tenaga masyarakat desa dengan cara swakelola. Seperti halnya dalam membangun pavingisasi jalan Dusun Mlarik Selatan ini. “Untuk tenaga kerjanya, berasal dari masyarakat Desa Baderan sendiri. Sehingga, hasil pembangunannya dapat dirasakan juga oleh warga setempat dalam meningkatkan perekonomian warga,” pungkasnya. (Ren)

 614 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!