Lawan Corona Magetan Bisa : Pemkab Prioritaskan Anggaran Untuk Penanganan Covid-19


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, meminta semua jajaran Organisasi Pemerintah Daerah (OPD), untuk fokus dalam penanganan pandemi Virus Corona (Covid-19). Bupati Magetan meminta seluruh Kepala OPD untuk menyisir semua anggaran, agar diprioritaskan kepada penanganan Covid-19 yang terjadi di wilayaha Kabupaten Magetan.

“Semua anggaran yang tidak prioritas seperti, Perjalanan Dinas, Bimtek, Diklat, Sosialisasi, dan acara-acara Seremonial, serta Peringatan apapun, agar diarahkan kepada penanganan Covid-19,” kata Bupati Suprawoto, melalui Saif Muhklisun, Plt Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Magetan, Rabu (01/04/2020).

Selain itu, Bupati Magetan mengintruksikan kepada seluruh Camat dan Kepala Desa (Kades) di lingkup Kabupaten Magetan, untuk menghimbau kepada masyarakat khususnya para perantauan agar menunda rencana mudik ke kampung halaman. “Instruksi berupa Surat Edaran juga disampaikan kepada berbagai Paguyuban, Kelompok dan Keluarga Besar Magetan di perantauan,” terang Muhklisun.

Saif Muchlissun, Plt Kabag Humas & Protokol Kabupaten Magetan.

Disisi lain, langkah Pemkab Magetan dalam penanganan Covid-19, selain tetap memantau keadaan secara ketat, juga memberikan bantuan beras lauk pauk serta memeriksa seluruh warga yang berada di wilayah kawasan tertib Phisical Distancing. “Program pembelian nasi bungkus juga dilakukan untuk diberikan kepada para pedagang akibat terdampak Corona,” ungkap Plt Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Magetan, Rabu (01/04).

Selain itu, lanjut Muhklisun, untuk pemberdayaan para petani dan peternak, Pemkab Magetan membelian sayur mayur dan buah buahan seperti pisang jeruk dan lainnya, untuk diberikan kepada petugas garda depan dalam menangani wabah Covid-19. “Pembelian susu Singolangu dari para peternak sapi perah juga diberikan kepada para petugas garda terdepan sebagai nutirisi tubuh agar stamina tetap terjaga,” ujarnya.

Bahkan, dari beberapa instansi Pemerintahan seperti Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lawu Tirta Magetan, dan Dinas PUPR Magetan juga turut serta bahu membahu menyediaan sarana cuci tangan untuk disebar ke beberapa wilayah Magetan. “Petugas dari Dishub Magetan juga mengantisipasi dengan membuat pos observasi pengawasan, dengan memeriksa siapapun yang masuk harus sesuai standart baku protokol kesehatan,” jelas Muhklisun.

Diberitahukan bahwa, Pemkab Magetan terus berupaya melakukan pencegahan dalam menghadapi Daurat Corona atau Covid-19. Dalam hal ini, Pemerintah juga menyiapkan antisipasi dalam menghadapi kondisi terburuk terkait penyebaran covid-19 di Magetan. Maka dari itu, diperlukan kerjasama dari semua pihak untuk mengikuti arahan atau himbauan Pemerintah, agar penyebaran wabah Covid 19 tersebut dapat segera teratasi dan dapat dihentikan penyebarannya. (Ren)

 8,361 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!