Lilis Sudartiningsih Caleg Partai Demokrat Dapil 3, Hiasi Keterwakilan Perempuan Ke Parlemen


ARYA-MEDIA, Magetan – Pasca-penetapan daftar calon tetap (DCT) anggota DPR, DPRD provinsi dan kabupaten/kota oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Magetan, tahapan kampanye sudah dimulai.

Masa tahapan kampanye yang berlangsung selama 4 (empat) bulan tentu tidak boleh disia-siakan, khususnya oleh para calon anggota legislatif (caleg) perempuan yang berlaga pada Pemilu 2019.

Persentase perempuan yang menjadi caleg pada Pemilu 2019 sedikit mengalami peningkatan dibandingkan dengan Pemilu 2014. Dari sisi jumlah dan persentase caleg DPR, misalnya, dari total 6.607 caleg pada Pemilu 2014, sebanyak 2.467 di antaranya perempuan atau 37,67 persen.

Adapun pada Pemilu 2019, persentase keterwakilan perempuan mencapai 40,08 persen, yakni ada 3.200 perempuan dari 7.985 caleg yang memperebutkan 575 kursi DPR (Sumber Kompas, 9/10/2018).

Baca Juga :  Kasat Lantas Polres Magetan : "Tes Psikologi" Sebagai Syarat Pembuatan SIM
Lilis Sudartiningsih S.Pd. SD Saat Melakukan Baksos Korban Bencana Palu Dan Donggala.

Namun, perjalanan untuk menempati keterwakilan 30 persen di parlemen masih sangat panjang. Ada banyak tantangan besar yang harus dihadapi oleh kaum perempuan.

Salah satu tantangannya adalah masih sedikit caleg perempuan yang berada di nomor urut teratas. Perempuan lebih dominan ada di nomor urut 3 dan 6, Yang menempati nomor urut 1 hanyalah 19 persen.

Perlu kita akui bahwa selama ini keterwakilan perempuan di partai politik hanyalah sebagai pelengkap dalam mengisi ruang–ruang kosong. Siapa pun yang berkenan untuk dicalonkan, maka dimasukkanlah untuk memenuhi nomor urut yang belum terisi. Apalagi, per daerah pemilihan (dapil) yang memang mengharuskan adanya keterwakilan perempuan.

Baca Juga :  Pemakaman Militer Jenasah Praka (Anumerta) Asharul Mashudi, Korban Jatuhnya Pesawat Heli MI-17 No Registrasi 5138

Partai politik tidak berpikir apakah layak atau tidak, yang jelas memiliki kemauan dulu untuk mengisi ruang kosong itu. Barangkali, perempuan yang kapasitasnya betul-betul memadai masih bisa dihitung.

Padahal, peningkatan persentase perempuan di parlemen memiliki peluang cukup besar. Dengan adanya kebijakan afirmasi, misalnya, jumlah perempuan yang terpilih terbukti bertambah.

Atas dasar hal tersebut, selama masa kampanye caleg perempuan tentunya harus memiliki strategi tepat untuk bisa meraih pemilih

Hal ini juga dilakukan oleh caleg dari Partai Demokrat Kab. Magetan, dengan nomor urut 3, Lilis Sudartiningsih spd, SD. Dengan terus berupaya memperkenalkan diri melalui kegiatan Baksos , amal, bersama para seniman magetan dan juga memperkenalkan seni budaya Jawa lewat langgam dan dunia pewayangan.

Baca Juga :  MPP Bakal Buka Kembali, Siap Hadapi Era “New Normal”

Dengan kegiatan2 tersebut, beliau yang berada di jajaran Caleg Dapil 3 Kab Magetan, mengharapkan seluruh warga masyarakat, bisa mengenal lebih dekat dengan calon legislatifnya, khususnya Dapil 3 yaitu, Kecamatan Barat, Kartoharjo, Karangrejo dan Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan.

Dengan Visi-misinya, diharapkan bisa lebih konkret dalam menjawab persoalan-persoalan yang berada di Dapilnya. Maka dari itu, penting kiranya para caleg perempuan menguasai berbagai hal wawasan, agar bisa tepat sasaran dan sesuai dengan harapan. (Rk/redk)

 2,618 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!