Lomba Kabupaten Sehat, Desa Gerih Menjadi Salah Satu Kategori Wilayah Penyedia Air Bersih


ARYA-MEDIA, Ngawi – Tim Verifikasi Nasional Kabupaten Sehat, mengunjungi wilayah Kecamatan Gerih Kabupaten Ngawi, untuk melakukan penilaian dalam mewujudkan Kabupaten Ngawi sebagai salah satu wilayah yang mengikuti lomba Kabupaten Sehat.

Desa Gerih, Kecamatan Gerih, Kabupaten Ngawi, adalah sebagai salah satu sasaran kunjungan tim verifikasi Ditjen Kementrian Kesehatan dalam kategori penyediaan air bersih, Rabu (4/9/2019).

Selama berkunjung di Kecamatan Gerih, Ditjen Kementrian Kesehatan Nugroho selaku Ketua Tim Verifikasi Nasional, juga berkunjung ke Desa Guyung yang dikategorikan sebagai Desa Ketahanan Pangan yang ada di Kabupaten Ngawi.

Kunjungan tersebut dalam rangka verifikasi fisik dan mengecek kesiapan Kabupaten Ngawi dalam meraih penghargaan Kabupaten Sehat di tingkat Nasional. “Penghargaan Kabupaten sehat diberikan setiap dua tahun sekali dengan tiga tingkatan, yaitu penghargaan sawsti saba Padapa, Wiwerda dan Wistara,” kata Nugroho, Ditjen Kementrian Kesehatan, (4/9).

Menanggapi hal itu, Muhammad Abinowo selaku ketua BP Spam Desa Gerih menyambut baik kedatangan tim verifikasi dari kementrian kesehatan, yang menjadikan Desa Gerih sebagai salah satu kategori dalam penilaian Kabupaten Sehat di Ngawi.

“Kami menyambut baik akan hal itu, dan kami juga menyampaikan keluhan atau kekurangan kami terkait banyaknya pelanggan yang menginginkan pendistribusian air bersih, namun terkendala dengan outletnya yang kurang memadai. Maka dari itu, kami memohon untuk selalu diberikan bimbingan untuk mengatasi hal tersebut,” jelas ketua BP-Spam Desa Gerih.

Sementara, Agus Choiri, Kepala Desa Gerih Menuturkan, Pemerintah Desa Gerih akan mendukung akan terus berpartisipasi untuk menjadikan Ngawi sebagai Kabupaten Sehat kedepannya. “Kami akan selalu mendukung program Pemkab untuk menjadi lebih maju. Dan kami juga mempunyai program unggulan dari karang taruna untuk mendukung Pemerintah Desa Gerih menjadi lebih baik, sehingga dapat meningkatkan PAD yang di Desa,” pungkasnya. (ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *