Magetan Gelar Malam Tirakatan Menjelang Dirgahayu Kemerdekaan RI


ARYA-MEDIA, Magetan – Menyambut Hari UlangTahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 Tahun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan menggelar malam untuk doa bersama bersama masyarakat sekitar, di Pendopo Surya Graha, Minggu malam (16/8/2020).

Untuk mengenang jas para pahlawan sekaligus mendoakan para pejuang 45 yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan RI, Pemkab Magetan juga melaksanakan potong tumpeng yang diadakan pada malam hari menjelang hari Kemerdekaan Indonesia, pada 17 Agustus.

Dalam pelaksanaan tersebut dilakukan secara sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan, yang dihadiri oleh Bupati Magetan dan Wakil Bupati Magetan, Sekretaris Daerah Kabupaten Magetan, Ketua DPRD Magetan, Anggota Forkopimda, Kepala OPD, serta beberapa tokoh agama dan tokoh masyarakat.

“Malam tirakatan ini kita mendoakan para pejuang yang sudah mendahului kita. Kalau kita membaca sejarah bagaimana Bung Karno didesak untuk segera menyatakan kemerdekaan mulai memilih hari, tanggal, dan waktu, sehingga tidak gegabah. Semua ini adalah buah dari perjuangan dari pendahulu kita, dan kita patut mensyukuri dan mendoakan,”kata Bupati Suprawoto, Minggu (16/8).

Bupati berharap, dengan meneladani pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan RI, sebagai generasi penerus bangsa wajib mengisi kemerdekaan yang baik dan bermanfaat bagi Bangsa Indonesia.

“Pada masa penjajahan dulu, nyawa saja diserahkan, Karena sekarang dimasa pandemi kita dituntut untuk menerapkan protokol kesehatan, sehingga apabila vaksin sudah diketemukan kita bisa hidup normal kembali” ungkap Bupati Magetan.

Diketahui bahwa, usai digelar malam tirakatan di Pendopo Surya Graha, sekira pukul 23.30 Wib, jajaran Forkopimda Kabupaten Magetan melakukan upacarapenghormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Magetan. (Ren)

 196 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!