Magetan : Pasien Terconfirm Positip Covid-19 Bertambah 16 Orang


ARYA-MEDIA, Magetan – Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di Magetan, mulai hari ini bertambah 16 orang. Hal ini disampaikan Jubir Penangan Covid-19 Kabupaten Magetan, Saif Muchlissun, S.Sos. MM, selaku Plt Humas dan Protokol Pemkab Magetan, Sabtu, (25/04/2020).

“Ini merupakan rekor terbesar di Magetan selama ini. Yang sangat memprihatinkan lagi, semua pasien positif Covid-19 tersebut, berasal dari satu area yang berasal dari lintas derah bahkan lintas Negara,” kata Saif Muhklissun, Jubir Penangan Covid-19 Kab Magetan.

Muhklissun mengatakan, 16 pasien baru positif Covid-19 di Magetan merupakan hasil swab dari 31 orang yang dinyatakan reaktif melalui Rapid Test pada 21-22 April lalu. “16 pasien terconfirm positip Covid-19, semuanya tinggal di wilayah kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Mereka semuanya berasal dari pondok pesantren (Ponpes) terbesar di Kecamatan Karas Magetan,” terangnya.

Saiff Muhklissun, Jubir Penangan Covid-19 Kab Magetan.

Tambahan 16 pasien terconfirm Covid-19 di wilayah Magetan, berasal dari berbagai wilayah nusantara maupun manca Negara. Diantaranya adalah, Malaysia 8 orang, Thailand 1 orang, Lampung  1 orang, Lombok 1 orang, Kendari 1 orang, Makasar 1 orang, Temanggung 1 orang dan Magetan 2 orang.

“Dengan tambahan yang begitu besar dan hanya di satu lokasi ini, menandakan kurangnya disiplin dalam melaksanakan himbauan dari Pemerintah. Oleh karena itu, Mari kita bersama sama lawan covid-19 ini dengan memutus mata rantai penyebarannya yaitu dengan disiplin mengikuti anjuran dan himbauan pemerintah,” jelas Saiff Muhklissun, Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Magetan, Sabtu (25/04).

Adapun himbauan Pemerintah yakni menerapkan Phisical Distancing (jaga jarak), stay at home tetap tinggal di rumah, terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), berjemur di matahari pagi, olah raga yang sukup, dan makan makanan bergizi, serta sering mengkonsumsi buah dan vitamin. “Jangan lupa Juga, sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir,” tutup Muhklissun.

Sebagai informasi, Kabupaten Magetan mengalami lompatan besar terkait kasus pasien positif Covid-19 di Jawa Timur. Sesuai peta sebaran Covid-19 Pemprov Jatim per 24 April 2020 pukul 19.00 WIB, jumlah pasien terconfirm positip covid-19 sebanyak 14 orang. Dan saat ini berubah menjadi 30 orang. (Ren/Hms)

 1,857 total views,  11 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!