UA-163642268-1

Magetan : Vaksin Kedua Jatah Nakes Datang Lagi


ARYA MEDIA | MAGETAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Kesehatan (Dinkes), menerima Vaksin Covid-19 jilid II dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Pengiriman Vaksin bermerk Sinovac tersebut, mendapatkan pengawalan ketat dari petugas kepolisian, Sabtu (30/01/2021).

Dinkes Kabupaten Magetan menargetkan, pencanangan vaksinasi tahap pertama bagi Tenaga Kesehatan (Nakes) selesai sesuai jadwal yang sudah ditentukan. “Untuk target vaksinasi nakes akan diselesaikan secepatnya sampai tahap ke 2 dengan jadwal berbeda beda setiap pelayanan,” kata Kepala Dinkes Magetan, dr Hari WIdodo, melalui Suwantyo, Kasi Surveilens dan Imunisasi, Bidang Pencegahan penyakit (P2), Dinkes Magetan, Sabtu (30/01).

Dijelaskan Suwantyo, setiap layanan fasilitas kesehatan (Faskes) bakal mempunyai sisa lebih, karena sasaran vaksin mempunyai komodit dan yang memiki penyakit lain juga tidak boleh divaksinasi.

Baca Juga :  BP3RI Akan Bawa Ke Ranah Hukum Terkait Uang Bensin Yang Diterima ASN

“Kalau nakes memiliki penyakit bawaan atau tidak lolos screening, maka jatah vaksin akan dikumpulkan untuk calon vaksin yang lain. Terkait dengan masa berlaku vaksin sampai dengan tahun 2023 dalam suhu 2 – 8 celsius,” jelasnya.

Sementara itu, vaksinasi tahap kedua bagi TNI POLRI dan pelayan public, masih menunggu informasi dari Kementerian Kesehatan setelah vaksinasi nakes selesai. “Semua nakes bakal mendapat vaksin dua kali setelah 14 hari dari vaksin pertama. Selain itu, satu orang akan mendapatkan 2 kali imunisasi dengan interval yang sama yaitu 14 hari,” terang Suwantyo kepada awak media, Sabtu, (30/01).

Baca Juga :  Polisi Cari Motif Pelaku Dugaan Pembunuhan Di Desa Getas Anyar Magetan

Selain itu, terdapat beberapa Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) di Kabupaten Magetan juga menjadi tempat pendistribusian vaksin covid-19. “RSIA yang sudah mendaftar untuk vaksinasi terdapat 4 tempat, yaitu RSIA Melati, RSIA Abadi Persada, RSIA Samudra Persada dan RSIA Sekar Wangi,” papar Suwantyo. (Rwy/Ren)

 895 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!