Malam Puncak Gumelaring Kadipaten Purwodadi, Sajikan Seniman Unggulan Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Festival budaya dengan nama Gumelaring Kadipaten Purwodadi (GKP) ke IV, di Desa Purwodadi, Kecamatan Barat, Kab. Magetan berjalan lancar dan meriah. Festival yang di adakan tiga hari tiga malam, membuat wilayah benteng Purwodadi diserbu banyak orang. Beberapa tampilan seni dan budaya juga tersajikan untuk menghibur masyarakat khususnya warga Desa Purwodadi yang merupakan tempat sejarah dari putra kedua Pangeran Diponegoro yaitu Pangeran Dipokusumo. Minggu, (02/09/2018).

Di hari terakhir rangkaian kegiatan GKP ke IV ini, disajikan pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk dengan dalang muda Ki Putut Agusseno dari Parang Magetan. Semua itu sebagai wujud dalam memperingati festival Budaya Benteng Purwodadi sekaligus memperingati dirgahayu HUT RI ke-73 tahun 2018.

R. Septian Bagus Winata S.S, Putra Kades Purwodadi, Sekaligus Calon Legeslatif Partai Demokrat Tahun 2019.

Tak tanggung-tanggung, dalam event tahun ini pihak Pemdes sengaja mengangkat seniman terbaik yang dimiliki Kab. Magetan, salah satunya dalang muda dengan nama lengkap Ki Putut Puji Agusseno S.Sn yang berasal dari kecamatan Parang.

Baca Juga :  Ojek Online Se-Jabodetabek Menggelar Aksi Damai

“Kami berusaha merangkul para seniman yang ada di Kab. Magetan ini. Prestasi yang dimilikinya patut kita beri apresiasi setinggi-tingginya, dalang muda ini pernah mendapat penghargaan dari Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat menjadi juara 1 dalam Festival Dalang Nasional. Beliau juga pernah tampil di Korea Selatan dalam acara budaya yang digelar disana, untuk mengangkat kesenian Jawa di mancanegara”, ucap Septian anak pertama dari Kades Purwodadi Suci Minarni, (02/09).

Arak-Arakan Pawai Karnival Dengan Gunungan Hasil Bumi Dan Versi Kerajaan Kadipaten Purwodadi.

Acara ini sudah dilakukan ke – 4 kalinya di desa ini, dengan tujuan untuk mengangkat peninggalan bersejarah Kadipaten Purwodadi dari putra kedua Pangeran Diponegoro yang bernama Pangeran Dipokusumo. Maka dari itu, diadakanlah pagelaran seni budaya Gumelaring Kadipaten Purwodadi selama 3 hari siang malam untuk melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional yang ada di tanah Jawa ini”, ungkap Septian kepada Arya-Media.

Baca Juga :  BPBD Magetan : Dampak Kerugian Dan Kejadian Bencana Tahun 2018 Naik Signifikan Dibanding Tahun Sebelumnya

Pada tahun ini lanjut Septian, untuk segi acara lebih menonjolkan sisi atau peran pejuang wanita, mengingat kepala desa Purwodadi seorang wanita yg bernama R. Nganten Suci Minarni yang merupakan Ibu kandung R. Septian Bagus Winata S.S, yang mana telah mencalonkan diri sebagai anggota legeslatif dari partai Demokrat pada pemiliha 2019 mendatang.

Pawai Karnival Dalam Agenda Kegiatan Gumelaring Kadipaten Purwodadi Di Desa Purwodadi, Kec. Barat, Kab. Magetan.

“Yang menjadi sangat istimewa adalah, pada acara budaya ini dihadiri langsung oleh keluarga besar keturunan Pangeran Diponegoro dari Makassar dan Ambon. Sejumlah 17 orang turut meramaikan acara budaya ini di tanah perjuangan leluhurnya”, terang Septiap.

Baca Juga :  Pemkab Magetan, Berikan Sosialisasi Bahayanya Rokok Bodong Kepada Toko Kelontong Dan Kios Pasar

Masih dengan Septian, dalam suatu upaya pasti ada pro dan kontra dari berbagai pihak, khusunya dari Desa setempat. Dalam menghadapi pro dan kontra di masyarakat, kami dari pihak keluarga dan panitia tetap menerima dengan bijak, adapun kekurangan dan kelebihan yang akan menjadi bahan evaluasi untuk kebaikan kedepannya. Namun antusias dari masyarakat patut kita acungi jempol dalam meramaikan dan mensukseskan Gumelaring Kadipaten Purwodadi”, imbuhnya

Diketahui bahwa, pada malam puncak festival Gumelaring Kadipaten Purwodadi, Panji guno mahendra Kab. magetan lakukan serah terima pusaka keris kepada Kepala Desa Suci Minarni sebagai simbul adanya sejarah dan kebudayaan yang akan dilakukan tiap tahunnya. Sebelumnya juga disajikan beberapa kegiatan seperti jalan santai, karnival, tari-tarian, reog dan lain-lainnya. Hadir dalam undangan forkopimca Kecamatan Karas, Karangrejo, Barat, kartoharjo, Pokdarwis Magetan, dan undangan lainnya. (ren)

 2,063 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!