Masa Pandemi Covid-19, Pemdes Keniten Maksimalkan Pembangunan Insfrastruktur Jalan Desa


ARYA-MEDIA, Ngawi – Peningkatan insfrastruktur di wilayah desa, terus digalakkan oleh Pemerintah Desa yang ada di Kabupaten Ngawi. Pemerintah Desa Keniten Kecamatan Geneng Ngawi, melakukan perbaikan jalan desa dengan pavingisasi jalan desa.

Bertempat di Dusun Keniten IV, Rt.02/Rw.04 Desa Keniten Kecamatan Geneng, anggaran sebesar Rp. 94.212.000,- dari Dana Desa (DD) tahun 2020, telah digelontorkan Pemerintah Desa untuk peningkatan jalan paving dengan panjang 112 meter dengan lebar 3 meter.

Kepala Desa (Kades) Keniten, Mujiono mengatakan, pembangunan pavingisasi tersebut berasal dari alokasi Dana Desa (DD) tahun 2020, yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara(APBN).

“Pembangunan jalan paving ini, sudah selesai dikerjakan oleh tim pelaksana desa dengan cara swakelola. Pembangungan jalan tersebut, sebagai tindak lanjut dari musyawarah desa yang telah disepakati bersama sebelumnya,” ujarnya, Jumat (12/6/2020).

Kades menjelaskan, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, sasaran Pemerintah Desa Keniten dalam pembangunan insfrastruktur jalan sudah diagendakan sesuai RAPBDes tahun 2019 lalu. Namun dalam pelaksanaan tahun 2020 saat ini, terkendala dengan adanya pandemi covid-19 yang mana membuat alokasi DD tahun 2020 bergeser untuk penangan Covid-19.

“Dana Desa (DD) tahun ini, sebenarnya banyak rencana Pemerintah Desa untuk pembangunan insfrastruktur. Namun, karena adanya pandemi covid-19 saat ini, banyak anggaran yang teralokasikan untuk pencegahan penyebaran covid-19 di Desa Keniten,” jelas Kades Keniten.

Mujiono berharap, walaupun banyak anggaran yang terserap untuk penanganan Covid-19, pembangunan insfrastruktur di Desa Keniten tetap berjalan maksimal, sesuai dengan kucuran alokasi anggaran Dana Desa dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Pemerintah pusat.   

“Semoga, dengan anggaran DD tahap kedua nanti, Pemerintah Desa dapat mengoptimalkan pembangunan insfrastruktur di Desa Keniten. Sehingga, dapat meningkatkan perekonomian warga sekitar, tentunya demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Desa Keniten kedepan,” pungkasnya. (Ren)  

 319 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!