Masyarakat Dihimbau Tetap Waspada Menghadapi Covid-19 di Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Menghadapi pandemi Covid-19 yang merebak secara global, Gugus tugas Penanggulangan Bencana Non Alam Pandemi Covid-19 Kabupaten Magetan terus meningkatkan kewaspadaan.

“Walaupun Magetan sudah zero Covid-19 atau menjadi zona kuning, kita harus tetap waspada. Himbauan Pemerintah Physical Distancing kepada masyarakat juga terus diterapkan,” kata Ari Budi Santosa, Kepala Harian Posko Darurat Bencana Non Alam Pandemi Covid-19 Kabupaten Magetan, Selasa (07/04/2020).

Ari menjelaskan, antisipasi pencegahan penyebaran Covid-19 di Magetan, dilakukan Pemerintah kabupaten (Pemkab) Magetan dengan cara penjagaan dan pengawasan terhadap warga luar daerah yang masuk ke Magetan. “Penjagaan di perbatasan bertambah 2 lokasi lagi, yaitu di wilayah Kecamatan kartoharjo, totalnya ada 8 lokasi. Jadi setiap orang yang melintas, akan disemprot disinfektan dan kita cek suhu badannya untuk pendataan,” ungkapnya.

Selain itu, Kepala Harian Gugus Tugas Covid-19 Magetan juga menghimbau, kepada warga Magetan yang ada di perantauan, agar menunda dulu rencana mudik ke kampung halaman, untuk mencegah penyebaran virus Corona.

“Bagi pemudik yang sudah terlanjur pulang ke Magetan, agar melakukan isolasi mandiri selama 14 hari kedepan. Dan sekarang beberapa Desa sudah menyiapkan ruang isolasi di desa masing-masing, untuk menampung pemudik yang datang,” jelas Ari Budi Santosa kepada Arya Media, Selasa (07/04).

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) kabupaten Magetan, Eko Muryanto mengungkapkan, terkait himbauan kepada desa untuk membuat ruang isolasi bagi pemudik, bakal dilakukan dengan membuat Surat Edaran kepada desa-desa yang ada di Kabupaten Magetan.

“Ada yang sudah membuat, ada juga yang belum. Besok kita lakukan monitoring dan himbauan ke desa-desa, sekaligus kita buatkan Surat Edaran khusus pengaturan isolasi bagi pemudik yang datang,” tandasnya. (Ren)

 1,609 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!