Mediasi Buruh Pabrik Pakaian Dalam, Tagih Janji ke Disnaker Magetan


ARYA-MEDIA, Magetan – Aksi demonstrasi yang dilakukan karyawan PT. Bintang Inti Karya di wilayah kabupaten Magetan, tepatnya di Desa Karangsono, Kecamatan Barat, terus berbuntut panjang. Pasalnya, para perwakilan buruh pabrik tersebut menagih janji pihak managemen dengan Pemkab terkait sisa gaji karyawan sebesar 50 persen yang belum terbayarkan.

Mereka (Perwakilan buruh Red) mendatangi kantor Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Magetan, untuk melakukan mediasi permasalahan tersebut.

Dalam acara itu, dihadiri oleh Bupati Magetan Suprawoto, didampingi Kapolres Magetan, Dandim 0804 Magetan, Kepala Disnaker Magetan, serta Perwakilan Disnaker Pemprov Jawa Timur, untuk melakukan mediasi dengan Manajemen dan Karyawan PT. Bintang Inti Karya, Kamis (26/03/2020).

Dari pantauan Arya Media, terdapat sepuluh (10) tuntutan dari karyawan PT Bintang Inti Karya yang disampaikan dalam forum tersebut.

“Alhamdulillah semua menyadari antara pihak manajemen dengan perwakilan karyawan,” kata Suprawoto Bupati Magetan, Kamis (26/03).

Bupati Magetan menjelaskan, Pemkab Magetan menjembatani sebagai pihak ketiga untuk menyelesaikan kekurangan gaji yang harus dibayarkan oleh PT Bintang Inti Karya. “Pemerintah itu harus hadir apabila ada permaslahan, maka dari itu Pemkab menjembatani untuk mencarikan pihak ketiga dalam menyelesaikan masalah tersebut,” jelasnya.

Selain itu, Bupati Suprawoto menegaskan bahwa, Pemkab Magetan hanya mencarikan jalan keluar melalui pihak ketiga, tetapi bukan dari APBD Magetan. Karena Pemerintah harus menjaga investor yang masuk di wilayah Kabvuypaten Magetan.

 “Jadi Tidak mungkin kami ambilkan dari APBD. Kalaupun dari APBD, harus sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, ribuan buruh pabrik ekspor impor garmen di wilayah Kabupaten Magetan, melakukan aksi demo besar-besaran pada Selasa (23/03) lalu. Para buruh yang didominasi oleh perempuan tersebut, menuntut pihak management untuk membayar gaji seutuhnya selama bulan Februari-Maret 2019. (Ren)

 3,284 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!