UA-163642268-1

Melestarikan Cagar Budaya, Abdi Maospati Mataraman Bersihkan Batu Bersejarah


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam rangka mempertahankan cagar budaya Indonesia, khususnya peninggalan purbakala di Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Komunitas Abdi Maospati Mataraman melakukan kerja bhakti di jalan rajawali, Kelurahan/Kecamatan Maospati, Magetan, Minggu (3/3/2019).

“Kami dari Komunitas Abdi Maospati Mataraman, melakukan kerja bhakti untuk membersihkan dan merawat benda bersejarah yang ada di sekitaran Maospati”, kata andik selaku wakil ketua komunitas.

Andik menjelaskan, guna membersihkan peninggalan purbakala sekaligus mencari batu-batu yang lainnya yang kemungkinan masih terkubur di dalam tanah. Maka dari itu, kerja bhakti dilakukan di sekitaran area Maospati, yang mana menurut informasi warga batu tersebut adalah peninggalan zaman era Darmawangsa Teguh, mertua dari Airlangga selaku pendiri Kahuripan pada masa tersebut.

Baca Juga :  3 Pelaku Curat Asal Probolinggo Dibekuk Ditreskrimum Polda Jatim

“Batu purbakala yang tak begitu terawat ini, berada di kebun milik Bapak Sudarno Rt.20 / Rw.06 Kelurahan/Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan”, terangnya kepada Arya-Media.Com

Sementara, menurut keterangan dari salah satu anggota komunitas Abdi Maospati Mataraman, Sugeng (43) batu tersebut adalah batu yoni yang lingga nya sudah tiada. “Itu batu yoni mas, tapi lingganya sudah tidak ada, jadi hanya batu purbakala”, jelasnya.

Baca Juga :  Perkenalan Kesbangpol Magetan Lakukan Pendataan Ulang Ormas Dan LSM Agar Sesuai Bidang Dan Keahliannya

Diketahui bahwa, kegiatan kerja bhakti tersebut sebagai rencana pengembangan agenda sepeda onthel yang telah dilakukannya akhir Desember lalu. Yaitu, bersepeda dengan mengenalkan peninggalan sejarah purbakala yang berada di wilayah Maospati, yang harus mendapat perhatian untuk dijaga dan dilestarikan. (ren)

 2,400 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!