Menghadapi Pandemi Covid-19, Gebyar Labuhan Sarangan Dibatalkan


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Magetan, telah resmi membatalkan acara adat tahunan “Gebyar Labuhan Sarangan” yang diselenggarakan tiap tahunnya.

Menghadapi pandemi (Covid-19) yang terjadi secara global, acara yang di jadwalkan pada Minggu 19 April 2020 mendatang, terpaksa harus dibatalkan. Semua itu untuk mencegah penyebaran Virus Corona yang sedang mewabah saat ini.

“Setelah dilakukan rapat antara Pemerintah, bersama Aparat dan masyarakat Kelurahan Sarangan, serta pelaku jasa wisata Sarangan, maka acara tahunan Gebyar Labuhan Sarangan ditiadakan,” kata Venly Tomi Nicholas, Kepala Disparbud Kabupaten Magetan, Rabu (08/04/2020).

Selain membatalkan acara Gebyar Labuhan Sarangan, Pemkab Magetan juga memperpanjang penutupan tempat=tempat wisata dan Tempat Hiburan Malam (THM) yang tersebar di Kabupaten Magetan, sampai dengan 21 April mendatang. “Sesuai himbauan Pemerintah untuk tetap melakukan Physical Distancing, penutupan semua tempat wisata dan THM kita perpanjang sampai akhir April,” terang Venly.

Kepala Disparbud Magetan juga menjelaskan, walaupun acara Gebyar Labuhan Sarangan ditiadakan, masyarakat kelurahan Sarangan tetap melaksanakan acara adat Bersih Desa secara sederhana dengan mematuhi himbauhan dari Pemerintah.

“Acara Bersih Desa yang jatuh pada Jumat Pon bulan Ruwah atau pada tanggal 17 April 2020, tetap dilaksanakan secara sederhana, namun dengan syarat tanpa melibatkan banyak orang sesuai himbauan Pemerintah,“ jelasnya.

Venly juga menghimbau, kepada mayarakat khususnya warga Sarangan, agar mematuhi anjuran Pemerintah dengan tetap menerapkan Physical Distancing. Karena Magetan merupakan zero pasien positif Covid-19 yang harus dipertahankan.

“Kami telah menyarankan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, mengunakan Hand Sanitaizer, dan menjaga jarak atau Physical Distancing,” pungkasnya. (Ren)

 2,164 total views,  2 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!