Menghina Panglima TNI Lewat Medsos, Warga Karangrejo Ditangkap Polisi


ARYA-MEDIA, Magetan – Melakukan penghinaan melalui media sosial (Medsos) dapat diancam dengan UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE). Seperti yang dialami oleah GL (36) warga Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Karangrejo, Kabupaten Magetan, harus menyesali perbuatanya di jeruji besi Polres Magetan, karena telah menghina Panglima TNI lewat Media Sosial (Medsos).

Dialkukannya ujaran hinaan oleh GL melalui Facebook dan Twiter, lantaran rasa sakit hati tentang permasalahan internal keluarganya.  Karena saudaranya yang juga seorang anggota TNI dari Sumatra, telah dipindah ke Magetan.

Baca Juga :  LSM “Gerbang” Banyuwangi Laporkan Pemdes Dugaan Tipikor ke Kejari

“Permasalahannya adalah, bermula dari rasa sakit hati saudaranya yang juga anggota TNI dari Sumatra dipindah ke Magetan. Tanpa pikir panjang, pelaku langsung mendiskriminasi Panglima TNI lewat Facebook dan Twiter,”kata AKBP Muhammad Riffai Kapolres Magetan, Kamis (17/1/2019).

Tak lama berselang, berkat informasi dan kerjasama antara Polisi dan juga TNI, akhirnya tersangka berhasil diamankan oleh anggota Polres Magetan. “Berkat kerjasama Polisi dan TNI tersangka bisa diamankan, dan memang benar tersangka melakukan postingan yang mendiskriditkan Panglima TNI”, ungkap Kapolres.

Baca Juga :  Mencuri Motor Tetangga, Pelaku Tertangkap Warga Satu Bulan Kemudian

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dijerat dengan Pasal 45A ayat (2) Jo Pasal 28 ayat (2) Sub Pasal 45 ayat (3) Jo) Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Republik Indonesia tahun No 19 tahun 2016, Tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 Tentang Informasi dan transaksi elektronik / ITE. Dengan ancaman penjara paling lama 6 tahun dan atau denda Satu Miliar rupiah.

Baca Juga :  11 Desa Di Magetan Jadi Sasaran Program PAMSIMAS Tahun 2018

“Kita jerat Pasal 45 A ayat (2) Tentang ITE, dengan ancaman Penjara 6 tahun atau denda satu Miliar,”pungkasnya. (red)

 306 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!