Mentri ESDM Tinjau Alat dan Peralatan di Pos Pengamatan Gunung Api Bromo


ARYA-MEDIA, Probolinggo – Sekitar pukul 08.40 Wib s/d 09.45 Wib. Bertempat di Pos pengamatan Gunung api Bromo, dsn Cemoro lawang desa Ngadisari, Kec.Sukapura Kab. Probolinggo, Menteri ESDM lakukan kegiatan peninjauan pos pengamatan gunung api, dihadiri oleh -+ 50 orang, Selasa (8/1/2019).

Dalam rombongan mentri ESDM Ignasius Jonan ( Menteri ESDM) disertau Widyo Sunaryo ( Staf khusus mentri ESDM Bid. Polhukam ), LN Puspa Dewi (Inspektur 3, Itjen KESDM), Ir.Agung Pribadi M.Sc (Kepala Biro Komunikasi layanan informasi publik dan kerjasama/KLIK). Wawan Setiawan (Kepala bidang Metilogi dan Geologi), Ir.Kasbani M.Sc( Ka.PVMBG Pusat), Ela (Tenaga Ahli Menteri) Budi Zein (Tenaga Ahli Menteri), Anung Widiarto (Assisten 3 Pemerintah Kab Prob) Santoso ( Kabag ESDM Kab Probolinggo), Yulius Christian, S.Ip, MM (Camat Sukapura), Kompol Heri Susanto (Kabag Ops Polres Kab.Probolinggo). Ditambah Danramil 0820/08 Sukapura Subhan (Kepala pos pengamatan gunung api Bromo)

Baca Juga :  TP PKK Kab. Ngawi Lakukan Evaluasi 10 Program PKK terbaik Desa Randusongo

Mentri ESDM beserta Rombongan tiba di lokasi pos pengamatan gunung api Bromo dengan menggunakan Mobi Toyota Land Cruiser Warna hitam nopol RI 34. Mentri ESDM Meninjau Alat dan dan peralatan yang tersedia di pos pengamatan gunung api Bromo, sambil mendengarkan penjelasan singkat dari Ir.Kasbani M.Sc ( Ka. PVMBG Pusat).

Rombongan meninjau lokasi pemantauan secara visual, dilanjutkan konfrensi pers yang intinya, Bahwa sampai dengan saat ini status Kawah Gunung Bromo adalah waspada, jadi tidak boleh dimasuki oleh Pengunjung radius 1 Km dari Kawah, Kecuali Petugas, dan secara umum masyarakat masih banyak yang mengetahui hal tersebut, selain untuk menjaga faktor keamanan adalah untuk menjaga lingkungan kawah agar tetap terbentuk

Baca Juga :  Upacara Penyambutan Dan Pelepasan Sertijab Kapolres Magetan

Secara umum tempat pemantauan yang ada dibawah dalam keadaan baik, baik dari segi peralatan digital masih biasa merekam aktivitas dan bisa memantau pergerakan kawahnya, cuma Kendalanya adalah Petugas kurang bisa memantau secara Visual

Bahwa rencananya kedepan, Pos Pantau yang ada dibawah akan dipindahkan/dinaikkan keatas, sehingga disamping petugas bisa merekam aktivitas kawah Gunung Bromo melalui alat digital, petugas juga bisa memantau Visual secara langsung Kawah Gunung Bromo.

Baca Juga :  Terjadi Lagi, Bus Eka Dengan Kecepatan Tinggi Hilang Kendali Dan Terguling

Bahwa kedatangan Mentri ESDM, Ignasius Jonan adalah dalam rangka peninjauan pos pengamatan gunung api Bromo yang terletak di Dsn Cemoro lawang desa Ngadisari Kecamatan Sukapura Kab.Probolinggo. Untuk selanjutnya Mentri ESDM beserta Rombongan menuju ke Paiton.

Danramil 0820/08 Sukapura Kapten Kav Jahuri mengungkapkan kunjungan ini merupakan hal yang sangat vital, bahwa salah satu tugas pokok TNI di wilayah adalah pembinaan wilayah bidang pengawasan dan pemantauan di bidang Geografi, potensi SDM, SDA, SDB, sumber daya manusia, alam dan buatan. Demi pertahanan negara diwilayah yang ditempatinya Wilayah kecamatan Sukapura”, tegas Danramil. (red)

 753 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!