Merebaknya Isu Virus CORONA di Magetan, Bupati Magetan Belum Tetapkan Status KLB


ARYA-MEDIA, Magetan – Isu Virus Corona (Covid-19) yang merebak di Kabupaten Magetan, membuat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan mengambil langkah pencegahan dengan melakukan penelusuran kepada piha-pihak yang berinteraksi dengan korban.

Hasil informasi yang dihimpun Arya Media, bahwa dengan merebakknya isu virus Covid-19 (Corona) yang menimbulkan kekhawatiran warga Magetan, disebabkan dengan adanya salah satu korban meninggal warga Magetan yang berdomisili di Solo Jawa Tengah, dan telah dinyatakan positif akibat terinfeksi Virus Corvid-19, serta jenazah korban disemayamkan di kampung halaman, tepatnya di Desa Mojopurno Kecamatan Ngariboyo Kabupaten Magetan.

Bupati Magetan, Suprawoto menjelaskan, Pemkab Magetan saat ini mengambil langkah pencegahan diantaranya adalah, melakukan penelusuran terhadap pihak-pihak yang berinteraksi dengan korban. “Pada pemeriksaan awal terhadap keluarga korban, ada 7 orang yang melakukan kontak langsung dengan korban. Istri korban sudah dirujuk ke rumah sakit pemerintah, karena ada keluhan batuk pilek. Sedangkan anggota keluarga yang lainnya sedang diisolasi dikediamannya dan masih dalam pengawasan petugas kesehatan hingga 14 hari ke depan,” kata Bupati Suprawoto, pada konferensi Pers, Sabtu (14/03/2020).

Menanggapi hal tersebut, Pemkab Magetan belum menetapkan status KLB (Kejadian Luar Biasa), karena status KLB memiliki persyaratan tersendiri untuk menjadikan status luar biasa. “Meskipun demikian, kita harus tetap selalu waspada dan menjaga kesehatan, karena virus tersebut menyerang imunitas,” ungkap Suprawoto Bupati Magetan.

Selain itu, Bupati menghimbau kepada sekolah sekolah untuk tidak melakukan wisata ke daerah rawan jelang musim liburan. Demikian juga pusat keramaian seperti pasar dan terminal.

“Kami sudah perintahkan OPD untuk menyediakan fasilitas cuci tangan. Dan PPemkab Magetan juga siap memberikan layanan kesehatan dari segala lini, mulai puskesmas, RSUD maupun rujukan ke layanan kesehatan lanjutan,” jelasnya kepada awak media, Sabtu (14/03).

Bupati menghimbau kepada masyarakat untuk lebih bijak menyikapi berbagai informasi yang ada di berbagai media, dengan mengidentifikasi portal-portal informasi, apakah terpercaya atau tidak. “Telitu semua informasi yang tersebar dengan menelaah sumber informasi. Dan Virus Corona bisa dicegah, salah satunya adalah menjaga imunitas. Dengan cara hidup sehat, dan selalu jaga kesehatan, serta mengkonsumsi makanan bergizi dengan istirahat yang cukup, maka virus tersebut dapat dicegah.

Diketahui bahwa, Virus Corona adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada umumnya, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti influenza. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti pneumonia, Middle-East Respiratory Syndrome (MERS), dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Disisi lain, Pemkab Magetan memberikan layanan siap siaga dengan call center : (0351) 895023, Whatsapp (WA) : 081133352898. (Ren)

 3,612 total views,  1 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!