Meriahnya Festival Panen Tembakau Di Temanggung Jawa Tengah


Tampak Ribuan Penonton Mengikuti Festival Panen Tembakau

Temanggung, Arya Media- Musim panen tembakau di Temanggung sudah selesai, para petani tembakau di Temanggung yang tergabung dalam sedulur petani tembakau Kabupaten Temanggung mengadakan festival panen tembakau tahun 2017, Sabtu (09/12) siang.

Festival yang bertempat di sepanjang jalan raya depan Pasar Kliwon Temanggung tersebut, menghadirkan artis ibu kota Anji, yang direncakan akan menghibur masyarakat Temanggung malam nanti di lapangan Maron Kelurahan Sidorejo Kabupaten Temanggung.

Bupati Temanggung Drs HM.Bambang Sukarno juga turut hadir, dalam festival tersebut juga di bawa dua gunungan yang terbuat dari  berbagai macam sayuran dan buah-buahan hasil panen di Temanggung. Festival yang pertama kali di adakan di Temanggung ini nampak begitu meriah, ditambah dengan di tampilkannya beberapa grup kesenian daerah yang berada di Temanggung, diantaranya seperti kuda lumping, Reog, dan Drum band dari Desa Banaran.

Saat Warga Berebut Gunungan Hasil Panen

Bambang mengatakan, “sangat senang dengan di adakannya festival panen tembaku ini, saya berharap semoga harga tembakau ditahun yang akan datang semakin baik lagi” tutur orang nomer satu di Temanggung.

“Barang siapa yang bersyukur maka nikmat dari Tuhan akan ditambah, semoga dengan syukuran ini Temanggung semakin aman, damai, sejahtera, dan semoga harga tembakau kedepan semakin membaik” terang Bambang.

Noer Ahsan (41) selaku ketua panitia festival mengatakan, “selain ungkapan rasa syukur pada acara festival ini, tujuannya untuk menepis anggapan bahwa di Temanggung adanya aktifis anti rokok”, ucapnya.

“Di Temanggung ini mungkin sedikit aktifis anti rokok, bahkan bisa dibilang tidak ada, karena warga Temanggung bisa sejahtera dengan menanam tembakau” tegasnya.

Setealah di doakan gunungan hasil panen yang di bawa oleh panitia langsung diserbu  dan diperebutkan warga Temanggung untuk di simpan serta ada juga untuk dikomsumsi ,mereka menyakini bahwa hasil panen yang ada di gunungan tersebut bisa mendatangkan keberkahan.

Waka Polres Temanggung Polda Jateng  Kompol Prawoko mengatakan “Acara seperti ini baru pertama kali diadakan di Temanggung, oleh karena itu anggota Polres Temanggung yang mengamankan festival tersebut sempat kuwalahan saat mengatur jalannya lalu lintas di depan Pasar karena padatnya warga yang ingin melihat secara langsung dan berpartisipasi dalam festival itu” terang orang nomer dua di jajaran Polres Temanggung.

“Acara seperti ini baru pertama kali diadakan di Temanggung, walaupun sempat terjadi kemacetan akan tetapi masih bisa kami atasi dan lalu lintas dapat kembali lancar,” pungkas Perwira menengah dengan melati satu di pundaknya itu. (Bud/Red)

 2,131 total views,  5 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!