Meriahnya Upacara Kebo Ketan Di Ngawi, Bersama Ratusan Seniman Indonesia


ARYA-MEDIA, Ngawi – Upacara Kebo Ketan adalah acara budaya tahunan yang kental dengan adat budaya, seni, serta keagamaan. Seni ini, mampu mempersatukan semua elemen masyarakat dari seluruh penjuru tanah air. Ribuan masa juga datang berkumpul tumpah ruah untuk memperingati upacara tradisi Kebo Ketan Kraton Ngiyom, pada tanggal 23-25 November 2018.

Upacara Kebo Ketan adalah bentuk budaya seni dan agama, sebagai bentuk syukur kepada sang Pencipta. Kebo ketan berupa arak-arakan dan “Pengorbanan” seekor kerbau dari ketan yang diiringi berbagai kesenian.

Baca Juga :  Rumah Penjual Sosis Ludes Terbakar Tak Tersisa

Selain menyelamatkan mata air sendang Margo dan sendang Ngiyom, juga untuk mengembalikan fungsi hutan di kawasan Alas Begal di Ngawi. Secara khusus upacara Kebo Ketan juga berfungsi sebagai ruang serbuk silang kreatifitas seni rakyat Nusantara. Oleh karena itu, tahun 2018 dengan berbagai karya seni kreatif dari seniman berbagai daerah, diberikan ruang luas untuk tampil dan saling mempengaruhi.

Menurut Widihasto menjelaskan bahwa, upacara Kebo Ketan merupakan sebuah karya seni berdampak, yang dibuat oleh LSM Kraton Ngiyom bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ngawi, melalui Dinas Pariwisata Pemudan dan Olah Raga (DISPARPORA) bersama warga Desa Sekaralas dan Sekarputih, serta ratusan seniman dari berbagai daerah di Indonesia.

Baca Juga :  10.000 Warga Magetan, Dapat Bantuan JPS Pemprov Jatim

Prosesi upacara Kebo Ketan ini, juga diarak dari rumah tua Sekaralas menuju lapangan Desa Sekaralas, untuk dilakukan prosesi penyembeliha.

Pada acara Kebo Ketan 2018 ini, mencoba menawarkan hal baru yaitu, “Riuh Seni Sakral Nusantara”, adalah sebuah eksperimen seni dan sosial,  yang mana berbagai kesenian tradisional berbasis ning nong ning gung bisa menghadirkan harmoni suasana chaos tanpa harus atau belum pernah berlatih bersama.

Baca Juga :  Kemeriahan Pawai Karnaval Karangrejo Dihadiri Nanik Sumantri Wakil Bupati Terpilih

Mereka akan saling bertemu pertama kalinya, hanya beberapa jam sebelum pentas. Dan diharapkan bisa menghadirkan suatu proses chaos-harmoni yang menarik, dengan diikat oleh penataan musik kreatif oleh Denny Dumbo. (adv/yn/redk)

 

 1,990 total views,  10 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!