Minimalisir Salah Sasaran, 5 Desa Pasang Stiker Bansos Bagi KPM


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam upaya mengatasi masalah Bantuan Sosial (Bansos) di Kabupaten Magetan, beberapa Pemerintah Desa memberikan stiker kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima Bansos Pemerintah.

Hal itu dilakukan Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan kartoharjo Kabupaten Magetan, dengan menempeli stiker kepada penerima Bansos sebagai masyarakat miskin.

“Benar, Ada 5 Desa yang sudah menempeli stiker kepada warga miskin penerima Bansos di wilayah Kecamatan Kartoharjo,” kata Dicong Malele, Kepala Kecamatan Kartoharjo, Kabupaten Magetan, Kamis (2/7/2020).

Menurut Camat, 5 Desa yang sudah memasang stiker tersebut, sebagai tanda bahwa KPM tersebut telah menerima Bansos dari Pemerintah, baik itu bantuan Penerima Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Bantuan Sosial Tunai (BST) Kemensos, maupun Jaringan Pengaman Sosial (JPS) dari Provinsi.

“Ini untuk mencegah penyaluran Bansos agar tidak salah sasaran. Sehingga banyak masyarakat yang mengundurkan diri, karena kebanyakan mereka malu kalau rumahnya ditempel stiker sebagai warga miskin,” ungkap Camat Kartoharjo, Kab. Magetan.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Magetan, mendukung penuh gebrakan Pemdes untuk membuat stiker bagi warga miskin penerima Bansos Pemerintah. Pun sebagai penanganan masalah carut marut terkait bansos Pemerintah bagi terdampak covid-19, untuk mengedukasi masyarakat.

“Surat Edaran dari pusat sebenarnya sudah ada, tapi ini hanya himbauan saja dan tidak diwajibkan. Karena Pemkab Magetan belum memiliki anggaran dan Pemdes memiliki anggaran, maka kami sangat mendukung hal tersebut,” kata Yayuk Sri Rahayu, Kamis (2/7).

Kepala Dinsos Magetan mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Magetan, untuk realisasi dalam penganggaran melalui dana desa. “Kita sudah koordinasi dengan pak Eko PMD, hal itu bisa dilakukan,” jelasnya kepada Arya Media, (2/7).  

Sementara, di lain tempat, Eko Muryanto selaku Kepala Dinas Pemberdayaan Masyaraklat dan Desa (PMD) Kabupaten Magetan, akan mendukung penuh upaya desa dalam pemasangan stiker bagi KPM warga miskin, senyampang untuk penanganan pandemic covid-19, khususnya dalam meminimalisir masalah terkait Bansos.

“Gebrakan tersebut bagus, dan itu boleh dianggarkan melalui anggaran desa,” pungkasnya. (Ren)  

 9,192 total views,  5 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!