Minta Keadilan, Warga Desa Gonggang Tuntut Upah Pengerjaan Proyek PKT


ARYA-MEDIA, Magetan – Puluhan perwakilan warga Desa Gonggang Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan, mendatangi kantor Inspektorat Kab Magetan untuk meminta keadilan. Puluhan warga tersebut, menuntut  hak atas gaji mereka yang belum terbayarkan, dalam pengerjaaan proyek Padat Karya Tunai (PKT) pembangunan bronjong di Desa Gonggang pada tahun 2018-2019. Rabu (20/5/2020).

“Kita mewakili 125 warga Desa Gonggang untuk menuntut hak kami yang tidak dibayarkan sampai sekarang. Padahal itu sudah bertahun-tahun, tapi masih saja belum dibayar dengan banyak alasan,“ kata Suprianto, salah satu perwakilan warga yang menuntut haknya.

Sebelumnya, kasus tersebut sudah dilaporkan ke Polres Magetan pada tahun 2019 lalu. Namun, setelah sekian lama berjalan, dilimpahkan kembali ke Inspektorat Kabupaten Magetan. “Kita sudah laporkan ke Polres, dan akhirnya balik kesini,“ ujar Suprianto, Rabu (20.5).

Suprianto menjelaskan, pihak Tim Pelaksana (Timlak) proyek beralasan belum membayarkan upah para pekerja, karena belum adanya pemeriksaan dari tim inspektorat Magetan. “Alasa dari mereka, katanya belum dibayarkan karena belum di periksa inspektorat,“ jelas Suprianto, (20/5).

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Magetan, Mei Sugihartini membenarnya adanya pelimpahan kasus tersebut. Menurutnya, peristiwa itu hanya ada kesalahan administrasi, karena Inspektorat Magetan sudah melakukan monev sebanyak 207 desa pada tahun 2018.

“Masak sih, gak mungkin kalau belum diperiksa. Kita memang tidak memeriksa semuanya, tapi hanya sampling saja. Kalau gak salah, sudah ada monev dari 207 desa waktu itu,” tegasnya.

Sebagai informasi, dalam mediasi tersebut, dilaksanakan bersama kedua belah pihak. Diantaranya adalah 5 orang perwakilan dari pelapor (perwakilan warga) dan 5 orang perwakilan dari terlapor (Timlak) proyek, dengan didampingi dari Inspektorat Kabupaten Magetan. Namun, karena mediasi berlangsung a lot, maka mediasi akan dilanjutkan pekan depan sampai ada titik temu. (Ren)

 6,003 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!