Monitoring Pilkades Serentak Kabupaten Magetan Berjalan Lancar dan Sukses


ARYA-MEDIA, Magetan – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Magetan, berlangsung serentak di 184 Desa. Pencoblosan pemilihan pemimpin desa tersebut, dilakukan dengan cara e-Votting dan manual. Rabu (27/11/2019).

Memastikan Pilkades berjalan aman dan lancar, Bupati Magetan Suprawoto dan Wakil Bupati Magetan Nanik Endang Rusminiarti, didampingi jajaran Forkopimda beserta SKPD Kabupaten Magetan, melakukan monitoring pelaksanaan Pilkades di beberapa desa.

“Tujuan monitoring ini, untuk memastikan pelaksanaan Pilkades berjalan dengan lancar, baik manual maupun e-Votting. Untuk rombongan pertama dipimpin Pak Bupati, dan rombongan kedua dipimpin Bu Wabup. Forkopimda dan SKPD juga dibagi dua,” ucap Eko Muryanto, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Magetan, (27/11).

Eko menjelaskan, hasil inspeksi mendadak (Sidak) yang dilakukannya bersama rombongan Bupati Magetan, beberapa wilayah desa bagian Selatan dan Timur, terdapat penumpukan antrian warga yang antusias untuk melakukan pencoblosan. “Dari beberapa Desa yang sudah kami kunjungi, memang ada penumpukan antrian karena antusias masyarakat yang cukup tinggi. Selain itu, ada sebagian warga yang mempunyai kepercayaan dengan memilih waktu yang tepat dalam pencoblosan,” jelasnya.

Sementara, ditempat yang sama Bupati Magetan Suprawoto mengamini bahwa pelaksanaan Pilkades di Kabupaten Magetan berjalan aman dan lancar. “Secara langsung saya menyaksikan sendiri bahwa pelaksanaan Pilkades baik e-Votting maupun Manual, ada kewajaran bagi pemilih yang mempunyai usia lansia, yang mana kalau orang tua tetap harus dituntun,” terang Bupati Magetan, kepada awak media saat dilokasi Desa Mantren yang melaksanakan Pilkades secara e-Votting, (27/11).

Selain itu, pelaksanaan Pilkades secara e-Votting di Kabupaten Magetan, menjadikan edukasi bagi Kabupaten lain dengan berkunjung ke Magetan. “Alhamdulillah Pilkades di Magetan berjalan aman dan lancar. Bahkan, dengan adanya e-Votting, ada bebarapa tamu dari luar kota yang ingin menyaksikan proses e-Votting. Justru ini akan menjadi acuan bahwa teknologi e-Votting suka tidak suka akan terus berkembang,” pungkasnya.

Sebagai informasi bahwa, pelaksanaan Pilkades di 184 Desa se-Kabupaten Magetan, sebanyak 18 yang terbagi di 18 Kecamatan menggelar Pilkades secara e-Votting. Sedangkan 166 Desa lainnya, dengan cara manual atau coblosan. (ren)


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *