MPN Hadir di Lamongan Bukan Jadi Momok, Tapi Jadi Mitra Semuanya


ARYA-MEDIA – Majelis Pers Nasional ( MPN ) menjadi wadah media dan wartawan secara Nasional dimaksutkan untuk menciptakan wartawan – wartawan yang Profesional dan Bermartabat. Oleh sebab itu Majelis Pers Nasional (MPN) hadir di Kabupaten Lamongan jangan dianggap sebagai momok.

Kita hadir di Lamongan, jangan dianggap sebagai momok yang akan mengungkit ketidak benarkan. Kita hadir membawa misi untuk kebersamaan dan kebaikan bersama,” tutur Ketua Umum (Ketum) MPN, H. Umar Wirohadi, SH. MM di sela – sela kesibukan memantau persiapan pengukuhan calon pengurus MPN Lamongan Selasa (8/1/2019).

Baca Juga :  Viral di Media, Begini Klarifikasi Bantuan RTLH Baznas di Magetan

Dipaparkannya bahwa ada tiga fungsi yang diemban oleh MPN untuk disampaikan pada anggota MPN seluruh Indonesia, diantaranya fungsi informasi, fungsi edukasi dan fungsi kontrol. Dari tiga fungsi ini MPN merasa bertanggung jawab informasi wartawan yang tergabung wajib menyampaikan berita yang benar, tidak hoax, bisa dipertanggung jawabkan, dan jujur.

Sementara, fungsi edukasi atau pendidikan, setiap karya dan beritakan wajib mengandung unsur pendidikan dan mendidik. Tidak justru sebaliknya melakukan pembodohan. Dicontohkan wartawan sudah biasa melakukan pemelintiran sebuah kasus yang sesungguhnya kecil tetapi dibesarkan besarkan.

Baca Juga :  Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 Tahun 2020, Berbeda Dengan Tahun Sebelumnya

Lebih lanjut dijelaskan. Sedangkan untuk fungsi kontrol, Wartawan wajib memberikan kontrol yang konstruktif, tidak menghakimi, tidak fitnah, harus  berdasarkan kebenaran data dan fakta. Ada tanggung jawab yang luar biasa setiap berita bersifat kontrol wajib dikonfirmasikan pada obyek berita.

Kalau hal tersebut tidak dipenuhi, maka karya tersebut tidak mengandung unsur informasi, edukasi dan kontrol. Disamping itu sangat rawan akan terjadinya imbas hukum. Dan wartawan rawan digugat maupun dilaporkan”, lanjut Abah Umar panggilan keseharuan Ketum MPN itu.

Baca Juga :  Polisi Berhasil Menangkap Terduga Pelaku Curanmor Di Geneng Ngawi

Masih gebernya, maka kehadiran MPN di Lamongan jangan dianggap sebagai momok, atau dianggap yang lain lain.

Kita hadir sebagai mitra untuk siapa saja. Mitra birokrasi, mitra legislatif, mitra yudikatif dan mitra masyarakat pada umumnya,” tandas Ketum MPN mengakhiri wawancara dengan Media Centre MPN. (tim)

 715 total views,  3 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!