UA-163642268-1

Munculnya Kluster Hajatan Covid-19, Jadi Trending Topik Pemkab Magetan


ARYA-MEDIA | MAGETAN – Merebaknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 pada klaster hajatan di Desa Kediren, Kecamatan Lembeyan, Magetan Jawa Timur, Pemerintah Daerah (Pemda) bersama jajaran Forkopimda Magetan dan Satgas Covid-19, menggelar Rapat Koordinasi PPKM Mikro secara virtual, di Ruang Rapat Pendapa Surya Graha, Kamis (17/06/2021).

Melonjaknya kasus terkonfirm positif Covid-19 klaster hajatan, disebabkan dari lengahnya pengawasan dan ketidakdisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

⁣Dalam paparannya, Bupati Magetan Suprawoto mengatakan, maraknya musim hajatan, dihimbau kepada kepala desa (Kades) dan masyarakat agar disiplin menerapkan prokes sesuai standart operasional prokes. Seperti, menghindari bersalaman, tidak makan di tempat hajatan atau dibawa pulang, serta menghindari kerumunan, untuk mengurangi risiko penyebaran Covid-19.

Baca Juga :  Berenang Di Sungai Bengawan Solo, Bocah 15 Tahun Hilang Tenggelam

“Kita harus belajar dengan kejadian yang ada di Desa Kediren. Karena masih banyak warga yang terkonfirm, khususnya dari klaster hajatan, dan kita harus saling menjaga, agar sama-sama terhindar dari covid,” kata Bupati Magetan, Kamis (17/06).

Selain itu, Bupati Suprawoto menekankan kepada Satgas Desa/Kelurahan, untuk melakukan pengawasan secara ketat apabila ada acara hajatan di masing-masing wilayah. Lakukan monitoring pelaksanaan PPKM mikro secara berkala, serta optimaliasi Dana Desa (DD) untuk penanganan Covid-19 sesuai ketentuan.

Baca Juga :  'Selamat HUT TNI ke-75', Kejutan Kapolres Magetan Kepada Dandim Magetan

 “Jadi, hajatan boleh dilaksanakan. namun harus menerapkan protokol kesehatan. Kalau bisa ditunda, akan lebih baik,” ungkapnya.

Sebagai informasi, perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Magetan, yang disampaikan oleh Epidemiologi Dinas Kesehatan Magetan Agus Yudi Purnomo, bahwa sampai dengan 16 Juni 2021, tabel attack rate tertinggi berada di wilayah Kecamatan Magetan, Sukomoro, Maospati, Takeran, Barat, Plaosan, dan Ngariboyo.

Baca Juga :  Bertambah 1 Pasien, Angka Positif Covid-19 Kediri Capai 29 Kasus

Sementara, tabel persentase kematian Covid-19 tertinggi di Kecamatan Sidorejo, Karas, Nguntoronadi, Kartoharjo dan Panekan. Attack Rate dan Case Fatality Rate di Kabupaten Magetan melebihi angka Provinsi Jawa Timur, bahkan CFR lebih tinggi dari angka nasional. (Ren) ⁣⁣

 552 total views,  4 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!