Musdes RKPDes Tahun 2021, Desa Temenggungan Prioritaskan Jalan Desa


ARYA-MEDIA, Magetan – Menindaklanjuti Rencana Kerja Pemerintah Kabupaten dalam tata kelola Pemerintahan, Pemerintah Desa (Pemdes) Temenggungan, Kecamatan Karas Kabupaten Magetan Jawa Timur, mengadakan Musyawarah Desa (Musdes) Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) tahun 2021, di Kantor Desa setempat, Senin (3/8/2020)

Agenda musyawarah tersebut, difokuskan pada pencermatan dokumen RPJMDesa dengan Tim Penyusun RKPDes, sekaligus pembahasan prioritas rencana kegiatan pembangunan untuk tahun 2021.

“Selain agar perencanaan kegiatan pembangunan desa bisa maksimal dan sejalan dengan rencana kerja kabupaten, maka Penyusunan RKPDes tahun 2021 sepakat kami prioritaskan untuk jalan desa di RW 01 dengan pagu anggaran Rp.200 juta,” kata Muhammad Suwito, Kepala Desa Temenggungan, Senin (3/8).

Pemerintah Desa wajib menyusun RKPDes sebagai penjabaran RPJM-Desa. RKPDes disusun oleh Pemerintah Desa sesuai informasi dari Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten/Kota, berkaitan dengan pagu rencana pusat, provinsi dan pemerintah kabupaten/kota.

“Kegiatan yang di mulai bulan ini, sebelumnya telah dibentuk Tim Penyusun RKPDes. Tim sudah berjalan, mulai pencermatan pagu dana dan penyelarasan program/kegiatan yang masuk ke desa, serta pencermatan ulang dokumen RPJMDes dan penyusunan rancangan dan daftar usulan RKPDes,” terang Kades Temenggungan.

Suwito berharap, agar RKPDes tahun 2021 benar-benar menjadi prioritas warga desa yang bisa membawa manfaat bagi semua. “Sesuai dengan Permendagri dan Permendes, target kita dari Juni – September, penyusunan RKP-Desa harus tuntas,” ungkapnya kepada Arya-Media, (3/8).

Selanjutnya, hasil kesepakatan Musdes RKPDes dituangkan dalam berita acara. Sedangkan Tim penyusun RKPDes melakukan perbaikan dokumen rancangan RKPDes berdasarkan hasil kesepakatan musyawarah. Sehingga rancangan RKP-Desa menjadi lampiran Rancangan Peraturan Desa tentang RKPDes

Sebagai informasi, dalam Musdes RKPDes di Desa Temenggungan, dilakukan bersama BPD, Tim Penyusunan dan seluruh unsur masyarakat desa, tokoh agama, pemuda, RT, dan tokoh masyarakat lainya, dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan sebagai pencegahan penyebaran Covid-19. (Ren)

 365 total views,  6 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!