Musrembang dan RKPD Tahun 2021 Kecamatan Karangrejo


ARYA-MEDIA, Magetan – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) terus digelar di setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Magetan. Hari ini, Rabu (12/2/2020) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Magetan, melakukan Musrenbang di 3 (Tiga) Kecamatan mulai dari Kecamatan Kartoharjo, Barat, dan berakhir di Kecamatan Karangrejo.

Dalam sambutan Bupati Magetan Suprawoto melalui Sekertaris Daerah (Sekda) Bambang Trianto mengatakan, Musrenbang bertujuan untuk membahas dan menyepakati rencana prioritas pembangunan desa serta menerima usulan di wilayah kecamatan untuk dijadikan bahan pertimbangan di tingkat kabupaten. Selain itu dibahas pula rencana prioritas pembangunan desa yang belum tercukupi, sebagai penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2021.

“Karena keterbatasan anggaran Pemkab Magetan, untuk usulan kedepan agar diprogramkan bersama di setiap Kecamatan dengan menerapkan program prioritas minimal 20% untuk pembangunan. Rencana anggaran bagi tiap Kecamatan adalah sebesar Rp 17,6 miliar,” kata Sekda Kabupaten Magetan, Rabu (12/2).

Selain itu, setiap Desa/Kelurahan akan mendatkan program yang sama dengan menerapkan skala prioritas yang paling diutamakan bagi daerah masing-masing. Program prioritas terdiri dari Agrowisata, Agroindustri dan Agrobisnis.

Anggota DPRD Kabupaten Magetan, Parni Hadi yang juga mantan camat di Kecamatan Karangrejo menuturkan, selalu mendukung program Bupati Magetan dalm memajukan Magetan. “Pembangunan untuk Magetan banyak ditopang dari Pemerintah Pusat sebesar 90%, sedangkan untuk APBD Magetan hanya 10% saja. Maka dari itu, manfaatkan anggaran sebaik-baiknya untuk pembangunan Magetan dengan mengacu pada program prioritas Pemkab Magetan,” tuturnya.

Disisi lain, Plt Kepala Kecamatan Karangrejo Suwito menghimbau kepada Pemerintah Desa (Pemdes), bahwa dalam penggunaan anggaran harus disesuaikan dengan perencanaan yang relevan, sehingga pembangunan benar- benar memiliki manfaat untuk semua warga masyarakat. “Dengan adanya musyawarah ini, diharapkan bisa menjadi titik temu kesepakatan bersama menuju arah pembangunan yang sesuai dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Magetan,” pungkasnya.

Diketahui bahwa, hadir dalam acara, Bupati Magetan yang diwakili oleh Sekda Bambang Trianto, BAPEDA dan DPMD yang mewakili, Kepala Kecamatan Karangrejo, DPRD, Danramil dan Kapolsek Karangrejo, serta Lembaga Kemasyarakatan, PKK, Toga dan Tomas se-Kecamatan Karangrejo. (Ren)

 777 total views,  7 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!