Nguri-Uri Budaya : Sanggar Seni Bantengan Banyudhono Peringati HUT Yang Ke-5


ARYA-MEDIA, Magetan – Dalam rangka memperingati HUT Bantengan, sanggar seni Bantengan “Handoko Wulung” dibawah pimpinan Funny Arief AP, Desa Banyudhono, menggelar pertunjukan seni bantengan di lapangan Desa Banyudhono, Kecamatan Ngariboyo, Kabupaten Magetan, minggu (28/10/2018).

“Pertunjukan ini adalah dalam rangka hari lahirnya Bantengan yang ke 5 tahun. Tanggal 27 Oktober 2013 awal pertama kali sanggar seni bantengan berdiri di Banyudhono”, kata Funny ketua sanggar.

Baca Juga :  Terulang Kembali..!! Jebakan Tikus Beraliran Listrik Menelan Korban Jiwa

Menurutnya (Funny red), seni Bantengan sudah ada sejak tahun 1967, dahulu para leluhur menggelar Bantengan untuk acara bersih Desa. “Untuk nguri-uri seni budaya bantengan Desa banyudhono, kita hidupkan kembali kesenian ini sebagai wujud pelestarian kesenian yang ada di Magetan”, terang ketua sanggar sekaligus Kades Banyudhono (28/10).

“Kita jaga kesenian dan kebudayaan Jawa Timur Indonesia, khususnya untuk wilayah Magetan. Jangan sampai seni dan budaya adat istiadat hilang oleh perkembangan zaman, apalagi sampai tergantikan oleh budaya asing”, ungkapnya. (ren/redk)

 3,261 total views,  67 views today


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!